Target Februari Runway Teraspal, Cuaca Hambat Pembangunan Bandara APT Pranoto

Bandara APT Pranoto akhir tahun 2016. (foto:MS77)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Cuaca buruk jadi hambatan dalam percepatan penyelesaian pembangunan Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda. Demikian disampaikan Salman Lumoindong, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Jum’at (26/1/2018).

Salman menyebutkan, Dinas Perhubungan Kaltim menargetkan landasan pacu atau runway  sepanjang 2.250 meter teraspal Februari 2018 mendatang.

“Maka kami terus kebut siang dan malam. Khususnya untuk progres konstruksi atas untuk pengaspalan,” jelas Salman.

Ia mengatakan paling lambat April 2018 pihaknya dapat merealisasikan pemindahan Bandara Temindung ke Bandara APT Pranoto. Setelah runway rampung verifikasi bandara oleh tim Kementerian Perhubungan akan menyusul, katanya.

“Jika dinyatakan siap, barulah Bandara APT Pranoto akan  membuka jalur penerbangan baru. Setelah selesai runway, kami segera agendakan verifikasi bandara oleh Kemenhub,” sambungnya.

Seraya menunggu pembukaan rute penerbangan baru, kata dia, seluruh aktifitas Bandara Temindung sudah akan dipindahkan ke Bandara APT Pranoto.

Berita terkait : “Jenguk” BSB, Gubernur Awali Perjalanan Darat ke Wilayah Utara Kaltim

Pemindahan, termasuk seluruh penerbangan yang saat ini dilakukan di Bandara Temindung. Pihaknya sendiri memproyeksikan bandara yang beken dengan sebutan Bandara Samarinda Baru atau BSB di Kelurahan  Sungai Siring,  Kecamatan Samarinda Utara mampu menampung hingga 5 juta penumpang dan 16 ribu ton kargo per tahun.

Rute-rute baru yang digadang-gadang antara lain dari Samarinda ke beberapa kota negara tetangga, yakni Kuala Lumpur, Kuching, Tawau dan Singapura. Selain itu juga ada rute-rute baru penerbangan domestik. (Rsk)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password