Hambat Pertumbuhan Ekonomi, Kades Sukomulyo Soroti Jalan Tani

Samin. Kades Sukomulyo, Kecamatan Sepaku, PPU (foto:amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Sarana jalan tani masih menjadi momok bagi petani Kelapa Sawit di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Seperti yang diutarakan Samin, Kepala Desa (Kades) Sukomulyo, Kecamatan Sepaku, Jum’at (19/1/2018) siang.

Menurutnya, meskipun hasil para petani Kelapa Sawit berton-ton namun sarana pendukung utama seperti jalan yang baik untuk para tani belum terbangun, akan menjadi salah satu hambatan para petani mengangkut hasil panennya.

“Akan berdampak pada peningkatan percepatan pertumbuhan ekonomi warga di Desa ini,” sebut Samin.

Dia menjelaskan, walaupun baru dilantik menjadi Kades tetapi sudah banyak program yang menjadi prioritasnya.  Seperti jalan usaha tani ini menjadi prioritas.

“Sebelum saya menjadi Kades, saya juga menjadi anggota BPD di desa ini. Jadi saya paham betul apa yang menjadi keinginan warga,” jelasnya lebih lanjut.

Mengingat kondisi keuangan daerah seperti sekarang ini, kata Samin lagi, tentunya tidak semua jalan usaha tani akan diperbaiki secara bersamaan, pasti seraca bertahap dan butuh waktu.

Baca juga : Lapor Camat, Warga Tuding Perusahaan Sebabkan Jalan Tani Rusak

Dia juga membeberkan, kepengurusan sertifikat tanah transmigrasi yang semula hak pakai akan diubah menjadi hak milik warga. Dikarenakan sampai saat ini masih dalam proses penyelesaian.

“Sebenarnya masalah sertifikat yang jumlahnya ratusan ini pernah saya koordinasikan dengan Badan Pertanahan Daerah, karena ada kendala jadi sempat tertunda. Tetapi ketika saya sudah menjabat, masalah ini akan saya tidak lanjuti,” tandasnya. (amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password