Camat Sepaku Penuhi Panggilan Kejaksaan

Kejari PPU. (foto:Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Risman Abdul, Camat Sepaku, memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, beberapa hari yang lalu.

“Pemanggilan ini terkait dengan kasus dugaan penyalahgunaan Alokasi Dana Desa melalui Lembaga Perkreditan Desa, yang diduga disalah gunakan oleh Kades Sukaraja beberapa tahun yang  lalu,” kata Risman kepada DETAKKaltim.Com di kantornya, Jum’at (19/1/2018) pagi.

Dijelaskan Risman, dalam pemanggilan tersebut, ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pihak Kejaksaan. Salah satunya sejauh mana pemahamannya tentang Lembaga Perkreditan Desa di Desa Sukaraja.

Risman juga menjelaskan, kasus ini terjadi tahun 2010-2012 sebelum ia menjabat sebagai Camat di Sepaku akhir 2013. Ini adalah laporan dari masyarakat yang juga menjadi pengurus di Lembaga Perkreditan Desa di Sukaraja pada tahun 2017 lalu, kemudian ia tindak lanjuti dengan membuat surat resmi ke pihak Inspektorat terkait kegiatan di Desa Sukaraja. Salah satunya meminta kepada Inspektorat untuk melakukan audit dan monitoring, serta meminta laporan pertangung jawaban kegiatan di Desa ini.

Berita terkait : Pasca Ditetapkan Tersangka, Mantan Kades Sukaraja Belum Ditahan

“Upaya yang saya lakukan sebagai Camat, sudah beberapa kali meminta kepada BPD di Desa Sukaraja agar Kades Sukaraja membuat laparan pertanggung jawaban, namun tidak dilakukan,” jelas Risman.

Sambil menunggu kepastian statusnya, kata Risman lebih lanjut, sampai hari ini masih di Kejaksaan, Kades Sukaraja Sukarni, sesuai dengan perintah dan Undang-Undang Desa untuk sementara dinon aktifkan dan tidak menerima gaji. (amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password