Gasak Isi ATM, Terdakwa Divonis Penjara

Ruang tahanan terdakwa di Pengadilan Negeri Samarinda. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Majelis Hakim Pengadilan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur, yang dipimpin Ir Abdurrahman Karim SH didampingi Hakim Anggota Maskur SH dan Achmad Rasyid Purba SH Mhum menjatuhkan vonis 1 tahun 2 bulan kepada terdakwa Agung Minarko (38).

Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chendi Wulansari SH MH yang menuntut terdakwa selama 2 tahun, atas perbuatannya sebagaimanan diatur dan diancam pidana dalam Pasal 362 KUHP.

Kasus ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat agar tidak menggunakan tanggal lahirnya sebagai PIN ATM, karena bisa jadi menjadi korban tangan-tangan jahil. Seperti yang dialami saksi korban Andri Setiawan, Sabtu (23/9/2017) sekitar Pukul 06:30 Wita di Jalan Wahid Hasyim tepatnya di parkiran ATA Bilyar, saat Agung Minarko mengambil sebuah dompet yang berisikan KTP, SIM A, SIM C, ATM BCA, ATM Mandiri yang berisikan uang sekitar Rp8 Juta, STNK motor dan uang tunai Rp2 Juta milik saksi Andri Setiawan.

Perbuatan tersebut dilakukan oleh pelaku dengan cara ketika menemukan sebuah dompet, lalu terdakwa membuka isi dompet tersebut dan langsung menyimpannya. Kemudian terdakwa membawa dompet tersebut ke ATM Bank Mandiri Era Mart di Jalan Wahid Hasyim Sempaja, lalu mencoba memasukkan kartu ATM Mandiri milik saksi Andri.

Terdakwa mencoba-coba memasukkan nomor PIN ATM tersebut dengan mencocokkan tanggal lahir saksi yang ada tertera di KTP dan ternyata cocok, setelah terdakwa berhasil mengambil sejumlah uang yang terdakwa inginkan, dompet tersebut dibuang terdakwa ke selokan di Jalan Elang, Samarinda.

Adapuan uang tersebut sudah habis dipergunakan oleh terdakwa untuk keperluan sehari-hari, dan membeli kipas angin.

Atas putusan tersebut, baik JPU maupun saksi menyatakan menerima.

“Terdakwa terima,” jelas Chendi singkat usai persidangan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password