Pemeriksaan Kesehatan Paslon Cagub Cawagub Kaltim Libatkan IDI, BNN, dan HIPSI

Paslon Cagub-Cawagub Isran-Hadi yang diusung Partai Gerindra,PAN dan PKS saat menyerahkan berkas pencalonan kepada Ketua KPU Kaltim. (foto:Z7)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komisioner KPU Kaltim Rudiansyah menyebutkan, tim pemeriksaan kesehatan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Kaltim dibentuk secara independen.

“Yang tim pemerikasaan kesehatan Cagub dan Cawagub dibentuk oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSI), dan BNN Kaltim secara independen nantinya,” kata Rudi usai menerima pendaftaran pasangan calon (Paslon) Isran-Hadi di Kantor KPU Kaltim, Senin (8/1/2018) siang.

Dia menjelaskan, ada tiga macam syarat kesehatan. Pertama, tes kesehatan jasmani dari unsur tim IDI. Selanjutnya tes kesehatan rohani dari tim HIPSI, dan terakhir tes kesehatan bebas Narkotika dari tim BNN.

“Dari ketiga tes kesehatan tersebut kesimpulanya bukan satu-satu. Namun, kesimpulannya tiga unsur tim itu akan rapat dan mengeluarkan keputusan, bahwa Paslon yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk menjadi kepala daerah atau yang bersangkutan tidak memilki kemampuan sebagai kepala daerah,” ungkap Rudi kepada DETAKKaltim.Com.

Berita terkait : Pilgub Kaltim, Paslon Cagub-Cawagub Isran-Hadi Mendaftar

Aktivis KNPI Kaltim juga menambahkan, tim hari ini sedang menyelesaikan jadwal pemeriksaan karena pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit AW Sjahranie, termasuk untuk pemilihan Bupati Penajam Paser Utara.

“RS AW Sjahranie dijadikan lokasi pemeriksaan kesehatan karena kriteria masuk dalam Tipe A,” jelasnya.

Pemeriksaan akan dimulai sejak tanggal 11 hingga 15 Januari 2018.

“Kami sepakati selesaikan dulu pendaftaran hingga tanggal 10 Januari 2018, baru dilanjutkan dengan tes pemeriksaan kesehatan,” pungkasnya. (Z7)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password