Satu Orang Kabur, Komplotan Pencuri Solar Cell Dibekuk

Kesembilan orang yang ditangkap Polisi karena diduga melakukan aksi pencurian solar cell. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Jajaran Opsnal Satreskrim Polres Bontang, Kalimantan Timur, menangkap 9 orang lantaran diduga mencuri aki solar cell, Kamis (4/1/2017) dini hari.

Sebelumnya, Polisi mendapati lampu jalan di sejumlah titik tidak menyala saat malam hari di Perumahan Nyerakat,  depan SMP 2 Bontang, Bontang Lestari, Jalan Flores, Perumahan Gapura, Simpang 3 Bontang Lestari, Jalan Habibon, dan Taman Bontang Kuala.

“Dari situ kami langsung menyelidiki dan kebetulan berhasil melakukan tangkap tangan tiga orang pelaku saat menjalankan aksinya sekira Pukul 5 subuh,” jelas Kasat Reskrim Polres Bontang Iptu Rihard Hernando, pagi tadi.

Ketiga pelaku yang berhasil diamankan masing-masing AR, SA, dan PA. Dari tangan pelaku Polisi juga mengamankan dua karung barang bukti aki solar cell siap dijual.

Setelah dilakukan pengembangan, 6 orang pelaku lain berhasil diamankan yaitu RE, AK, AH, AL, REE, dan AR. Keenam orang tersebut diamankan di rumah masing-masing.

“Sebenarnya ada sepuluh orang, tapi satu orang kabur saat penangkapan,” ujar mantan penyidik Tipikor Polda Kaltim ini.

Selama menjalankan aksinya, para pelaku mengaku sudah berhasil menggasak 37 aki dari 19 tiang solar cell. Adapun satu tiangnya terdapat dua aki.

“Hasil pencurian itu akan diambil lempengannya dan selanjutnya dijual ke pengepul besi tua, kami masih dalami lagi,” sebut Nixon.

Modus operandi yang digunakan pelaku selama aksi menggunakan kunci pas nomor 9 dan 10, serta obeng kembang.

Saat ini, 9 pelaku beserta barang bukti sudah berada di Mako Polres Bontang untuk proses lebih lanjut. Mereka terancam dikenakan Pasal 363 tentang Pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara. (Rsk)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password