Speed Boat Anugerah Kecelakaan, Angkut 48 Penumpang Berlayar dari Tanjung Selor Menuju Tarakan

Proses evakuasi korban dari lokasi kejadian perkara. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, BULUNGAN : Kecelakaan speed boat langsung mewarnai pergantian tahun 2018 di Bulungan, Kalimantan Utara, Senin (1/1/2018) sekitar Pukul 08:40 Wita.

Keterangan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Kaltimra) Gusti Anwar melalui Kasi Ops dan Siaga Octavianto menyebutkan, kecelakaan tersebut terjadi di titik koordinat 02°50’35.07″,N 117°21’41.346″ perairan Sungai Sesayap saat Speed Boat Anugerah yang berlayar dari Tanjung Selor menuju Tarakan.

Berdasarkan daftar manifest penumpang diketahui speed boat naas yang dinakhodai Amir tersebut, membawa 43 penumpang dewasa 5 anak-anak, berangkat sekitar Pukul 08:15 Wita.

“Speed boat dari Tanjung Selor menuju Kota Tarakan  dengan jumlah penumpang sebanyak 43 orang, mengalami laka di jarak kurang lebih 200 meter dari Dermaga Tanjung Selor Kaltara,” sebut Octa dalam keterangan beberapa jam setelah kejadian.

Dijelaskannya, saat mendapat informasi tersebut unsur SAR Gabungan yang terdekat dengan lokasi kejadian segera memberikan pertolongan kepada korban.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari PMI Bulungan menyebutkan untuk sementara yang  sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Tanjung Selor sebanyak 20 orang dan yang lainnya masih proses pencarian.

“Evakuasi menggunakan mobil Pick Up PMI karena tidak memiliki Mobil Ambulance,” jelas Octa lebih lanjut.

Sekitar Pukul 10:25 Wita seluruh korban sudah berhasil dievakuasi oleh unsur SAR Gabungan, namun menurut Octa, belum diketahui pastinya jumlah POB (Person on Board/penumpang) yang tepat setelah menyesuaikan dengan Manifest yang ada.

Dalam upaya menyelematkan penumpang sejumlah tim SAR terlibat di antaranya Pos SAR Tarakan, Polres Bulungan, TNI AL, Kodim Bulungan, Dishub Bulungan, PMI Bulungan, PMI Kaltara, BPBD Bulungan, dan masyarakat setempat dengan menggunakan Speed Boat, Perahu, dan RIB. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password