Setelah Rakitnya Ditabrak Ponton, Buruh Tambang Pasir Akhirnya Ditemukan Tewas

Faturrahman dan Dede rekan kerja Arif Suwito dengan latar belakang kapal yang digunakan mengangkut pasir. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Arif Suwito (28), buruh tambang pasir yang hilang setelah rakit yang ditempatinya bekerja di Sungai Mahakam, kawasan Harapan Baru, Loa Janan Ilir Samarinda Seberang, Kalimantan Timur, ditabrak ponton akhirnya ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal, Rabu (27/12/2017) Pukul 15:42 Wita.

Warga perantauan asal Tulung Agung, Jawa Timur yang tinggal ngekos di Jalan Gerbang Dayaku, RT 12, Loa Janan Ulu, Kutai Kartanegara, itu ditemukan mengambang kurang lebih 100 meter dari lokasi kejadian. Tepatnya di depan Dok Kapal Aliang di Harapan Baru.

Kepada DETAKKaltim.Com, Faturrahman yang didampingi Dede, 2 rekan korban bekerja saat peristiwa itu terjadi selain Kandar, Eman dan Mansur mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar Pukul 05:30 Wita. Seperti biasanya mereka mengambil pasir di bagian pinggir Sungai Mahakam, dengan menggunakan kapal dibantu rakit sebagai tempat mesin menyedot pasir dari dalam sungai.

Saat itu, tutur Faturrahman, Kapal Dany 20 mau menyalip Kapal Tongkang dan Tug Boat yang ada di depannya, entah kenapa tiba-tiba berhenti. Sementara Ponton yang ditariknya menghantam rakitnya. 4 orang rekannya yang ada di rakit itu terjun ke sungai, namun 1 orang tidak selamat. Sedangkan ia berhasil malarikan diri bersama Dede dan lolos karena berada di atas kapal.

“Saya di kapal jadi lolos,” ungkap Faturrahman di kediamannya tidak jauh dari lokasi kejadian, Rabu (27/12/2017) sekitar Pukul 11:45 Wita saat pencarian masih berlangsung.

Berita terkait : Tug Boat Tabrak Kapal Penambang Pasir, Satu ABK Masih Hilang

Akibat kejadian itu, baik Faturrahman maupun Dede yang sudah lama bekerja di tempat itu bersama korban merasa trauma. Ia terlihat masih shock saat ditemui.

Kompol Erick Budi Santoso, Kapolsek Wilayah Pelabuhan Samarinda saat dikonfirmasi usai mengikuti rilis pers tahunan di Mapolresta Samarinda mengatakan, saat ini kapal yang menabrak korban telah diamankan. Sedangkan sejumlah saksi termasuk kapten kapal telah dimintai keterangan. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password