Jelang Tahun Baru, Polda Kaltimra Akan Tindak Tegas Penimbun Bahan Pokok 
 Bentuk Satgas Pangan

Kombes Pol Ade Yaya Suryana. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Tahun Baru yang tinggal menghitung hari membuat tim Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) menyiapkan giat khusus.

Dikomandoi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus)  Polda Kaltimra, tim pengendali harga sembilan bahan pokok (Sembako) dibentuk pada tengah pekan lalu. Sasaran utamanya, oknum penimbun kebutuhan pokok.

Bekerja sama dengan instansi terkait, tim juga akan memonitor  harga Sembako di pasar.

Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana memastikan, tim Pengendali Harga Sembako yang dibentuk tengah pekan ini sudah bergerak melakukan pemantauan.

Mendekati hari besar, ia tak menampik jika potensi permainan harga yang dilakukan para spekulan, berujung kelangkaan dan kenaikan harga di pasar kerap bermunculan.

Ade meminta kepada para pedagang patuh terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET), sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 27/2017

“Saat ini tim (Satgas Pangan) sudah berjalan. Akan ada giat khusus menyikapi Nataru,” jelasnya Selasa (26/12/2017).

Kepala Satgas Pangan Kaltimra, Kombes Pol Yustan Alpiani mengatakan, pihaknya akan mengawasi setiap harinya harga kebutuhan pangan apakah terjadi gejolak harga tinggi, barang langka, dan lainnya.

Hal ini dinilai penting, karena peluang besar memainkan harga bisa terjadi dan tidak memperdulikan imbas kelangkaan bahan pangan, yang bisa memicu gejolak.

Menurutnya, kebiasaan penimbunan bahan pokok komoditi ini biasanya sebagai alasan para pedagang, untuk menaikan harga secara sepihak kepada pembeli.

“Satgas akan melakukan pengawasan secara ketat, ada kenaikan sekecil apapun kita tahu dan akan mengambil tindakan,” kata Direktur Kriminal Khusus Polda  Kaltim ini.

Selain itu, monitoring, kata dia, juga menyasar pada bahan makanan  untuk mencegah peredaran bahan berbahaya seperti formalin.

“Kami juga akan meminta pendampingan oleh Badan POM dan Dinas Kesehatan,” ungkapnya menandaskan. (rsk)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password