Kelompok Nelayan Bersama Kelurahan Pajala Dapat Bantuan Mobil Pendingin Yusran : Gunakan dan Dirawat Sebaik-Baiknya

Drs.H.Yusran Aspar,M.Si serahkan mobil pendingin ke Kelompok Nelayan Bersama. (foto:hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Yusran Aspar, Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, menyerahkan secara langsung bantuan logistik satu unit mobil pendingin  atau Olt Diesel Double (ODD) kepada Kelompok Nelayan Bersama (KNB), Kelurahan Pajala,  Kecamatan Penajam, di halaman Kantor Bupati PPU, Kamis (22/12/2017).

Mobil pendingin untuk pengiriman hasil tangkapan nelayan tersebut, merupakan bantuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan yang diserahkan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten PPU.

Yusran Aspar mengatakan, bahwa bantuan mobil pendingin yang diberikan kepada KNB tersebut agar dapat digunakan dan dirawat sebaik mungkin. Ia berharap bantuan yang ada  dapat bermanfaat bagi para nelayan di daerah itu, khususnya sebagai fasilitas untuk pengiriman ikan dan udang hasil tangkapan mereka.

“Jika selama ini nelayan masih kesulitan untuk proses pengiriman  hasil tangkapan mereka keluar PPU, kini kita bersyukur telah memperoleh bantuan fasilitas pengiriman tersebut. Oleh karena itu kami berharap agar bantuan yang ada dapat digunakan dan dirawat sebaik mungkin,” sebut Yusran Aspar.

Dia menambahkan, namun jika harga ikan di PPU lebih tinggi dibandingkan harga yang ada di luar PPU, sebaiknya agar hasil tangkapan nelayan diprioritaskan  dapat dipasarkan di daerah PPU sendiri.

“Jangan sampai masyarakat kita yang mayoritas sebagai nelayan ini, tetapi harus kesulitan untuk mengkonsumsi ikan,“ ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan PPU, Abbas Chalik mengatakan, bantuan satu unit mobil pendingin tersebut merupakan satu dari dua yang diusulkan kepada Kementerian Perikanan dan Kelautan beberapa waktu lalu, yang merupakan usulan dari  KNB asal Kelurahan Pajala.

“Selama ini mereka melakukan pengiriman berbagai jenis ikan dan udang dengan tujuan seperti Samarinda, Balikpapan dan Banjarmasin, hanya menggunakan angkutan biasa yang menyebabkan kualitas ikan ketika sampai di tujuan  menurun. Dengan mobil pendingin ini diharapkan mampu menjaga kualitas ikan dan udang sampai ke tujuan sehingga harga tetap mahal,” beber Abbas.

Adapun ikan-ikan yang biasa dikirim ke berbagai daerah luar daerah PPU tersebut jenisnya beraneka ragam, di antaranya jenis Bawal, Cakalang, Tuna, Tongkol dan sebagainya. Selain itu nelayan asal Pajala ini juga menjual udang ke berbagai daerah di luar PPU.

“Sayang jika berbagai jenis ikan dan udang dengan harga tinggi tersebut harus jatuh kualitasnya karena proses pengiriman yang kurang tepat. Alhamdulillah melalui bantuan satu unit mobil pendingin ini dapat bermanfaat bagi nelayan,“ tandasnya. (Humas6/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password