Dituntut 15 Tahun, Dua Bos Komura Divonis Bebas Majelis Hakim Dakwaan Pemerasan dan TPPU Tidak Terbukti

Pembacaan putusan terdakwa Dwi Hari Winarno. (foto:Ib)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Majelis Hakim Pengadilan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur, yang dipimpin Joni Kondolele SH MM didampingi Hakim Anggota R Yoes Hartyarso SH MH dan Edi Toto Purba SH MH menjatuhkan putusan bebas terhadap terdakwa Jafar Abd Gaffar dan Dwi Hari Winarno, Ketua dan Sekretaris Komura Samarinda, Kamis (21/12/2017) sore.

Dwi yang terlebih dulu dibacakan amar putusannya oleh Majelis Hakim dinyatakan bebas dari segala tuntutan JPU. Demikian pula Jafar Abd Gafar.

Hakim menilai berdasarkan fakta persidangan, dakwaan JPU tidak terbukti adanya unsur pemerasan dan kekerasan dan pencucian uang sebagaimana dalam dakwaan Pasal 368 ayat (1) Junto Pasal 55 ayat(1) Kesatu KUHP dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Pasal 65 KUHP.

Karena itu, Majelis Hakim menyatakan terdakwa Jafar Abd Gaffar dan Dwi Hari Winarno harus dibebaskan dari tuntutan JPU yang menuntutnya 15 tahun penjara.

Berita terkait : Menanti Putusan Hakim, Replik JPU Tetap Pada Tuntutan

Hakim juga meminta agar barang bukti yang telah disita dikembalikan kepada terdakwa dan membebaskannya dari tahanan setelah putusan ini dibacakan.

Atas putusan Majelis hakim ini JPU  Reza Pahlepi didampingi Kasipidum Zainal dan Yudi Satrio menyatakan pikir-pikir.(ib)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password