Menanti Putusan Hakim, Replik JPU Tetap Pada Tuntutan Kasus Dugaan Pemerasan dan TPPU Komura

Jafar Abd Gaffar dan Dwi Hari Winarno dalam sidang pembacaan replik JPU. (foto:Ib)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sidang kasus dugaan pemerasaan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang melibatkan Jafar Abdul Gafar dan Dwi Hari Winarno, Ketua dan Sekretaris Komura Samarinda sudah memasuki babak akhir.

Untuk sidang kali ini, Rabu (20/12/2017) JPU menyampaikan tanggapan (replik) atas pledoi yang disampaikan tim Penasehat Hukum maupun terdakwa sendiri.

Di hadapan Majelis Hakim yang dipimpin Joni Kondolele SH MM, JPU Reza Pahlepi SH didampingi Yudi Satrio SH menyatakan tetap pada tuntutan mereka. Yakni, menuntut 15 tahun penjara.

Jafar  dan Dwi  sama-sama dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pemerasan dengan cara pungutan liar (Pungli) sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 368 ayat (1) Junto Pasal 55 ayat (1) Kesatu KUHP dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010, tentang pencegahan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Pasal 65 KUHP.

Ratusan buruh Komura yang selalu setia hadir setiap kali sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Samarinda, nampak cemas menanti putusan Majelis Hakim.

Dari pengamatan media ini para buruh Komura saling bertanya, dan menerka berapa gerangan hukuman yang akan diputuskan Majelis Hakim.

Berita terkait : Sidang Dugaan Pemerasan dan TPPU, Dua Petinggi Komura Bacakan Pledoi

Ada yang memprediksi putusan Majelis Hakim yang rencananya dijadwalkan, Kamis (21/12/2017) bakal bebas dari segala tuntutan. Namun ada juga di antara mereka yang berharap Majelis Hakim bisa memberikan keadilan yang seadil-adilnya.

Harapan bebas itu sangat mereka nanti-nantikan sebagaimana permintaan terdakwa kepada Majelis Hakim pada pembacaan pledoi yang disampaikan. Tak heran bila dukungan ratusan keluarga besar Komura kepada keduanya selalu membanjiri ruang sidang setiap kali persidangan digelar sejak awal. (ib)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password