Tunggu Data, PT Kimco Siap Bayar Hak Eks Karyawan Leonard : Kalau Kami Niat Bayar Besar

Ilustrasi. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Leonard Simanjuntak, Kuasa Hukum PT Kimco Armindo memberikan tanggapan terkait keterangan Sutrisno, Kuasa Hukum dari 89 eks karyawan PT Kimco yang mengatakan jumlah yang harus dibayarkan perusahaan senilai Rp31 Miliar untuk 256 orang, terdiri dari uang tunggu dan pembayaran pesangon PHK.

Menurut Leonard yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya, jumlah eks karyawan sesuai data yang diterimanya dari manajemen lama di bawah 100 orang. Sepengetahuannya dari data yang pernah diterimanya, Kuasa Hukum eks karyawan hanya menerima kuasa dari 79 orang. Dan hingga saat ini, pihaknya telah membayar sekitar 82 eks karyawan di luar manajemen lama.

Saat ini, jelasnya, dalam catatannya tinggal sekitar 60 orang eks karyawan yang belum dibayar. Iapun tidak yakin jika jumlah karyawan tersebut sampai 256 orang, kalaupun ada paling 100 orang dan pada pertemuan sebelumnya yang digelar sekitar bulan Maret 2017 di Hotel Bumi Senyiur, tuntutan mereka sekitar Rp16 Miliar saat itu dan dalam perhitungan pihaknya hak mereka di bawah Rp12 Miliar.

Mengenai uang tunggu yang dituntut eks karyawan, dijelaskan Leonard, bahwa itu sebenarnya tidak ada dalam Undang-Undang. Itu hanya kompensasi yang diberikan perusahaan manajemen lama kepada karyawan.

“Tolong dikoreksi kalau saya salah, setahu saya uang tunggu di dalam Perundang-Undangan tidak ada,” sebutnya.

Terkait rencana pembayaran kepada eks karyawan tersebut, Leonard menjelaskan pihaknya menunggu informasi data yang benar.

“Kalau kami niat bayar besar. Tapi yang kita tidak mau itu kalau kita dimintakan angka yang tidak sesuai,” jelasnya.

Sebagai lawyer, ia mengatakan berusaha mencarikan jalan tengah (win-win solution) antara keinginan eks karyawan dan perusahaan. Berapa angka yang diinginkan pihak eks karyawan nanti akan dilakukan negoisasi menyesuaikan kemampuan perusahaan, karena tidak mungkin hanya satu pihak yang menang sendiri.

Berita terkait : DPRD Kaltim Harapkan PT Kimco Selesaikan Hak Mantan Karyawan

“Bagi teman-teman eks karyawan yang ingin bernegosiasi, kita buka pintu selebar-lebarnya. Kami tidak pernah menghalangi hak-hak karyawan, tapi terus terang saya hanya bisa menjanjikan kita bayarkan sesuai kemampuan perusahaan. Itu hal yang logis,” jelasnya lebih lanjut.

Terkait tuntutan eks karyawan melalui Kuasa Hukumnya yang meminta supaya tidak ada aktivitas pertambangan sebelum hak-haknya dibayar, menurut Leonard, itu tidak mungkin dipenuhi. Karena untuk membayar hak-hak eks karyawan dan karyawan yang bekerja itu dari sana, dari kegiatan perusahaan. Bukan dari kantong pribadi pemilik. (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password