PRSI Kaltim Gelar Renang Terbuka Perdana di Kaltim Ajang Pra Porprov

Wali Kota Bontang bersama sejumlah atlet Renang sebelum lomba dimulai. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kaltim untuk pertama kalinya menggelar Open Water Swimming (OWS) regional Kaltim, di Bontang Kuala, 16-17 Desember 2017

Sekretaris PRSI Kaltim Arif Rahman Hakim menyebutkan, OWS adalah kompetisi renang di perairan terbuka. Selain untuk pembinaan terhadap atlet Renang yang ada di Kaltim, kegiatan semacam ini multiplier efeknya terasa terutama di sektor pariwisata.

Bontang Kuala, lokasi perlombaan. (foto:1st)

“Kejuaraan Provinsi Open Water Swimming (OWS) atau Renang Perairan Terbuka, Walikota Bontang Cup se- Kaltim tahun 2017,” ungkap Arif.

Mantan aktivis mahasiswa ini juga menjelaskan, Kejurprov Renang peraiaran terbuka yang juga sebagai Pra Porprov menuju Porprov Kutai Timur tahun 2018, yang mempertandingkan 3 Nomor PON : 3.000 meter putra dan putri, 5.000 meter putra dan putri serta 10.000 meter putra dan putri.

“Dengan exhibition, nomor pertandingan rakyat, 100 meter putra dan putri, 200 meter putra dan putri serta 500 meter putra dan putri se- Kaltim,” terangnya.

Dia memambahkan, renang perairan terbuka merupakan sub Cabor aquatik yang baru pertama kali di perlombakan level Provinsi di Kaltim. Sehingga Bontang merupakan kota yang pertama kali menjadi penyelenggara sejak renang ada di Kaltim sepanjang sejarah.

“Dengan mengusung sport and tourisme, renang perairan terbuka selain diharapkan menjadi jawaban bagi daerah yang tidak memiliki kolam renang berstandar olympic, karena bisa dilakukan di laut, sungai, danau/waduk dan rawa, sebagai ajang talent scoothing/pembinaan perenang Kaltim. Sisi lainnya adalah menjadi ajang promosi wisata daerah dalam rangka peningkatan PAD daerah dari sektor destinasi wisata,” tambahnya.

Pengprov PRSI Kaltim sangat optimis mampu menyumbang pundi-pundi medali di PON XX tahun 2020 di Tanah Papua, pada Sub Renang Perairan Terbuka.

“Kami optimis di PON mendatang bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Pelaksanaan Kejurprov dibuka secara resmi oleh Walikota Bontang, dan dihadiri oleh Pengprov PRSI Kaltim, seluruh Pengkab/Pengkot PRSI se- Kaltim, Ketua DPRD Kota Bontang, unsur Muspida Kota Bontang, KONI Kaltim, KONI Kota Bontang, Polres dan Dandim Kota Bontang, Polsek, TNI AL, BPBD, dan warga sekitar Bontang Kuala yang tumpah ruah menyaksikan acara pembukaan dan pertandingan renang perairan terbuka tersebut. (Z7)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password