Mariman : Inovasi Adalah Keniscayaan PKP2A III LAN Samarinda Raih Juara I Kompetisi Inovasi 2017

Dr.Mariman Darto (kiri), Kepala PKP2A III LAN Samarinda menerima Piala sebagai Juara I di ajang kompetisi inovasi antar unit kerja di LAN tahun 2017. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : PKP2A III LAN Samarinda kembali meraih Juara I di ajang kompetisi inovasi antar unit kerja di Lembaga Administrasi Negara (LAN) tahun 2017.

Ajang yang baru pertama kali digelar ini diikuti oleh 22 unit kerja di lingkungan Lembaga Administrasi Negara yang tersebar di seluruh Indonesia. Gelaran kompetisi inovasi ini digelar di Kampus PKP2A I LAN Jatinangor bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional LAN RI pada 12-15 Desember 2017.

“Saya berharap kompetisi inovasi ini dilakukan setiap tahun. Tujuannya tentu untuk merangsang dan mendorong mendorong kreatifitas dan inovasi di masing-masing unit kerja,” tegas kepala LAN RI, DR. Adi Suryanto saat memberikan sambutan dalam pemberian penghargaan, Jum’at (15/12/2017) pagi.

Setiap unit kerja wajib menyampaikan paparannya tentang progres inovasinya yang telah ditargetkan di awal tahun 2017 lalu.

“Di lingkungan LAN setiap JPT Pratama dan JPT madya wajib menandatangani kontrak kerja inovasi selama setahun. Dan di akhir tahun akan dievaluasi sekaligus ditetapkan inovasi terbaiknya,” ujar Dr. Mariman Darto sesaat setelah menerima penghargaan.

PKP2A III LAN menyampaikan 12 inovasi terbaiknya, di antaranya Go Spirit, inovasi dalam rangka membangun budaya kerja produktif dan selalu bersemangat selama ditempat kerja, Osoji, dan yang terakhir adalah Kayuh Baimbai, program gotong royong untuk membangun Sungai Karang Mumus yang Bersih dan sehat.

Salah satu rahasia kenapa PKP2A III LAN Samarinda menjuarai kompetisi ini adalah komitmen pimpinan yang secara konsisten mendorong kreatifitas dan inovasi di unit kerjanya.

“Saya ingin setiap pegawai semangat dan terus tergerak untuk melahirkan ide-ide kreatif dan melakukannya menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat untuk unit kerja, untuk LAN dan untuk bangsa,” tegas Mariman.

Menurutnya, tidak mudah, namun inovasi adalah keniscayaan. Membutuhkan orang-orang yang berkarakter agar mampu menjaga dan merawat semangat berinovasi.

“Kekuatan PKP2A III LAN Samarinda ada pada kemampuannya dalam mengelola spiritual capital pegawai dan para pejabatnya. Karakter ini penting karena akan mampu membangun dan mengembangkan semangat yang menggerakkan setiap pegawai untuk berprestasi, semangat berinovasi,” tegas Mariman.

Namun yang utama, sebutnya, tetap kemampuan menjaga kekompakan tim inovator dan pegawai di lingkungan PKP2A III LAN.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tim inovator PKP2A III LAN Samarinda dan seluruh pegawai yang telah berprestasi membangun organisasi ini dengan inovasi,” tegas Mariman Darto di sela-sela kegiatan pemberian penghargaan.

Sebelumnya PKP2A III LAN Samarinda telah meraih The Best Financial Performance 2017 dari Kepala LAN RI (6/8/2017), Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi dari Menteri PAN dan RB (12/12/2017), BMN Award 2017 dari Kepala Kanwil DJKN Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Timur – Kalimantan Utara (13/12/2017).  (***/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password