BNNP Kaltim Gandeng PT Kideco Jaya Agung Perangi Narkoba Gelar Seminar di Kalangan Siswa Paser

Risma Togi Silalahi memberikan pencerahan kepada ratusan siswa. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, PASER : Narkoba dan HIV  dua permasalahan yang berbeda namun jika kita cermati keduanya memiliki beberapa kesamaan, terutama pada dampaknya pada lingkungan sosial. Narkoba memiliki efek ketergantungan terhadap pemakainya, dan memicu tindakan kriminalitas yang bersentuhan langsung dengan lingkungan sosial terutama di kalangan remaja.

Begitu juga HIV/AIDS yang merupakan penyakit menular yang mana penularannya dapat melalui jarum suntik, ataupun hubungan badan yang sering terjadi pada seseorang yang gonta ganti pasangan ( bukan pasangan suami istri ), dan ini juga erat kaitannya dengan sosial kemasyarakatan.

Menyikapi  permasalahan tersebut BNNP Kalimantan Timur  menggandeng PT Kideco Jaya Agung (KJA) melaksanakan seminar interaktif bahaya Narkoba dan HIV/AIDS di kalangan pelajar SMA Negeri  1 Batu Sopang dan MAN Batu Sopang, di gedung  Serba Guna Kecamatan  Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Selasa (12/12/2017).

Dalam kegiatan yang diikuti sekitar 100 siswa ini, Kepala BNNP Kalimantan Timur  Brigjen Pol Raja Haryono melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Risma Togi Silalahi mengatakan, bahaya Narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat.

“Berbagai kampanye anti Narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan Narkoba, semakin banyak didengung-dengungkan,” sebut Risma.

Narkoba, lanjut Risma, dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan Narkoba.

“Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna Narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja,” imbuhnya.

Baca juga : BNNP Gulung Sindikat Pengedar Narkoba

Hal ini telah terbukti dari pemakaian Narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Menurutnya, bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan Narkoba dan merebaknya HIV/AIDS.

“Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa,” tandasnya. (***/LVL)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password