Dituntut 10 Tahun, Abun Divonis Bebas Elly Juga Divonis Bebas

Abun mendengarkan pembacaan vonis. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com SAMARINDA : Heri Susanto alias Abun akhirnya divonis bebas Majelis Hakim Pengadilan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur, dalam persidangan yang digelar, Selasa (12/11/2017) siang.

Sebelumnya Abun dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) 10 tahun penjara dikurangi seluruhnya selama masa dalam tahanan, dan denda Rp2 Miliar subsidair 6 bulan kurungan.

Abun didakwa melakukan tindak pidana pemerasan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 368 ayat (1) KUHP, juncto Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP.

Berdasarkan fakta persidangan Majelis Hakim yang dipimpin Joko Sutrisno SH MH didampingi Hakim Anggota Burhanuddin SH MH dan Hendry Dunant Manuhua SH menilai dakwaan JPU tidak terbukti sehingga terdakwa harus dibebaskan.

Begitu juga dengan dakwaan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, junto Pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum, berdasarkan fakta persidangan juga dinyatakan tidak terbukti sehingga terdakwa juga harus dibebaskan.

Atas putusan ini JPU nyatakan pikir-pikir.

Berita terkait : JPU Tuntut Abun Pidana Penjara 10 Tahun, Elly 6 Tahun

“Pikir-pikir yang mulia,'” sebut Zainal SH, JPU dari Kejari Samarinda yang didampingi Reza Pahlepi SH dan Agus Supriyono SH.

Hal yang sama juga dialami terdakwa Noer Asriansyah alias Elly, ia juga divonis bebas Majelis Hakim setelah sebelumnya dituntut 6 tahun penjara dalam dakwaan Pasal 368 ayat (1) KUHP, juncto Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP. (LVL)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password