Cuaca Buruk Picu Inflasi Akhir Tahun 

Suharman Tabran. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Kota Minyak (julukan Balikpapan) mencatatkan angka deflasi 0,20% (mtm) atau hampir sama dengan deflasi yang terjadi pada bulan sebelumnya sebesar 0,22% (mtm).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan melansir, deflasi yang terjadi November ini, didorong oleh kelompok Volatile Foods sebesar minus 0,25 persen.  Yang merupakan sumbangan dari beberapa komoditas bahan makanan antara lain daging Ayam ras (-0,08%)  Tomat sayur (0, 06%) dan Kangkung 0,04%).

Kelompok inti memberi andil inflasi sebesar 0,02% (mtm) yang  didorong oleh kenaikan harga bahan bangunan, yaitu batu bata (0,02 %) dan kayu balokan (0,01%).

Sementara dari kelompok administered price mencatatkan inflasi sebesar 0,02% yang disebabkan oleh kenaikan harga rokok sebesar 0,02%.

Secara tahunan, inflasi IHK tercatat sebesar 0,02% yang disebabkan kenaikan harga PO tertunda 2,31% (yoy) dan diperkirakan masih akan tetap pada level yang terkendali, sehingga inflasi tahun kalender tercatat 1,03 % (ytd).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Balikpapan, Suharman Tabrani, menjelaskan, hal ini tak lepas dari peran Tim Pengendalian Inflasi Nasional (TPIN). (rsk)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password