Kadis Perpustakaan PPU Dorong Minat Baca Masyarakat Pedesaan

M.Ridwan Effendi. (foto:Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Di tengah minimnya alokasi anggaran yang tersedia seperti sekarang ini, upaya Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Penajam Paser Utara (PPU)  Kalimantan Timur, terus melakukan dan mendorong minat baca  masyarakat. Hal ini disampaikan M Ridwan Effendi kepada DETAKKaltim.Com di kantornya di komplek Islamic Center, Senin (4/12/2017).

“Bukan hanya di kalangan pelajar dari Pendidikan Anak Usia Dini, bahkan sampai kepada Petani dan Nelayan upaya minat baca ini harus ditumbuhkan dari sekarang,” sebut Ridwan.

Sejauh ini, jelasnya, baru ada 5 Ribu koleksi buku bacaan yang dikoleksi di Dinasnya. Kemudian selain di sekolah-sekolah, upaya untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat di pedesaan pihaknya ada bekerja sama dengan Pemerintah Desa, salah satunya Desa Binuang yang sudah mempunyai gedung perpustakaan.

Menurutnya, menumbuhkan minat baca ini tidak  mudah. Pasalnya di kalangan masyarakat kita punya latar belakang dan tingakat ekonomi yang berbeda. Dia mencontohkan seperti para Petani dan Nelayan, mereka pagi sudah berangkat kerja, sore hari baru pulang tentunya sudah lelah.

“Inilah salah satu upaya kami bagaimana bisa menumbuhkan minat baca kepada warga di kalangan masyarakat kita yang seperti ini, dengan menganjurkan membaca buku satu jam satu hari,” jelasnya.

Berita terkait : Ridwan Effendi Dilantik Jadi Kadis Kearsipan dan Perpustakaan PPU

Dia menambahkan, beberapa bulan lalu kami melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian Desa, kami minta supaya bisa menyisikan anggaran 5 persen untuk membangun perpustakaan di Desa sebagai upaya mendorong minat baca di kalangan warga di Pedesaan, kemudian kami yang melakukan bimbingan teknis dalam pengelolaannya.

“Bila ada Desa maupun Kelurahan yang tidak mau mengelola dengan baik semua buku di perpustakaan, akan saya tarik. Karena tujuan kami adalah meningkatkan minat baca menjadi prioritas,” tegasnya menandaskan. (amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password