PH Abun Nilai Tuntutan JPU Tidak Berdasarkan Fakta Persidangan

Abun berbicara dengan PHnya usai sidang ditutup. (foto:LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Raut wajah kecewa bukan hanya ditunjukkan Heri Susanto alias Abun usai mendengarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntutnya 10 tahun penjara, 4 orang Penasehat Hukumnya (PH) menunjukkan hal yang tidak berbeda.

Sesaat setelah sidang ditutup, kepada DETAKKaltim.Com dan sejumlah awak media lainnya yang menunggu sidang ini sejak siang, Amos Hendry Zainaldy SH, PH terdakwa mengatakan berdasarkan analisa juridis JPU disampaikan bahwa unsur-unsur pidana sesuai Pasal 368 terpenuhi.

Menurut Amos, yang dibacakan JPU seolah-olah unsur-unsur yang pokok saja. Padahal banyak fakta yang tidak diungkapkan, sehingga pihaknya akan menyampaikan hal itu dalam pembelaannya nanti.

“Menurut kami, fakta-fakta, unsur-unsur apa lagi kekerasan tidak terpenuhi,” jelasnya.

Amos menambahkan, tuntutan terhadap kliennya sangatlah berat.

“Intinya kita keberatan terhadap tuntutan yang termasuk cukup berat tadi terhadap klien kami. Berdasarkan proses yang sudah kita lewati, yaitu fakta persidangan. Karena kami sebagai Penasehat Hukum mengacu pada fakta persidangan, bukan kepada berita acara pemeriksaan atau dakwaan,” jelasnya lebih lanjut.

Melalui PHnya, Abun menyampaikan agar menggunakan segala upaya hukum yang tersedia untuk melakukan pembelaan karena sesuai fakta persidangan ia yakin tidak bersalah.

Berita terkait : JPU Tuntut Abun Pidana Penjara 10 Tahun, Elly 6 Tahun

S Roy Hendrayanto SH Mhum, Penasehat Hukum Noer Asriansyah menyambung keterangan rekannya mengatakan, yang didakwakan adalah unsurnya kekerasan psikis. Menurutnya, sesuai Pasal 368 hal itu harus dibuktikan dengan Psikolog.

“Kekerasan psikis harus dibuktikan dengan psikolog,”  sebut Roy.

Terkait keterangan saksi Sudarmanto, seorang supir, Roy menyebutkan, pihaknya juga memiliki saksi supir yang mengatakan demo yang terjadi di sana berkaitan dengan TPK Palaran dan Jalan Jakarta, bukan karena pungutan di sana.  (LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password