Pesan Wabup PPU di HUT Korpri, PGRI dan HKN 2017

Drs.H.Mustaqim MZ menyerahkan penghargaan kepada sejumlah anggota Korpri. (foto:hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Mustaqim MZ, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantant Timu, pimpin pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri sekaligus HUT PGRI dan  HGN serta Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2017 Kabupaten PPU, Rabu, (29/11/2017).

Peringatan tersebut dipusatkan di Stadion Panglima Sentik Kilometer 09 Nipah-Nipah. Diakhir pelaksanaan upacara ini, puluhan penghargaan dari pemerintah daerah diserahkan kepada sejumlah PNS dengan berbagai prestasi  di lingkungan Pemkab PPU.

Dalam sambutannya, Mustaqim MZ menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap tenaga kesehatan, Guru dan anggota Korpri yang telah mampu bersinergi untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan hingga saat  ini, dalam rangka  mensukseskan Ketiga perayaan Hari Nasional tersebut.

“Saya juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada segenap tenaga kesehatan, Guru dan anggota Korpri di manapun anda bertugas, karena saudara-saudara telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam mengemban tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Semoga momentum ini, dapat meningkatkan kinerja, pengabdian dan darma bhakti segenap tenaga kesehatan, Guru dan anggota Korpri kepada masyarakat, pemerintah, bangsa dan Negara Indonesia tercinta,” sebut Mustaqim.

Lanjut Mustaqim, melalui momentum  HKN Ke-53 Tahun 2017 ini, ia mengajak untuk  bangkit dan tumbuhkan kesadaran kolektif akan pentingnya pola hidup sehat melalui sebuah gerakan masyarakat dengan basis keluarga.

Kehadiran peran dan fungsi pemerintah melalui aparaturnya dalam kelembagaan yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di sektor kesehatan, menjadi penting dan menjadi sebuah keniscayaan, terutama melalui upaya-upaya persuasif, edukatif dan promotif. Tereduksinya fungsi tindakan kuratif dari waktu ke waktu merupakan salah satu indikator membaiknya derajat kesehatan masyarakat.

“Melalui momentum ini, kita harus meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat semua, agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan. Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kemanusiaan,” ujarnya.

Terkait momentum HUT PGRI Ke-72 dan HGN,  Mustaqim mengajak kilas balik terhadap fungsi dan peran Guru sebagai bagian dari komponen utama dalam konteks pembangunan sumber daya manusia. Tantangan terhadap upaya peningkatan kualitas SDM ke depan makin banyak dan kompleks, sehingga memerlukan strategi, metodologi dan satu hal yang pasti adalah membangun sinergi dari berbagai lini yang bermuara pada penciptaan kondisi, di mana upaya peningkatan SDM melalui pendidikan yang berkarakter mendapat proporsi yang memadai.

“Melalui HUT PGRI Ke-72 dan Hari Guru Nasional Tahun 2017, hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya,“ ujarnya.

Terkait HUT Korpri,  Mustaqim mengatakan bahwa sebagian besar tugas Negara yang mengejawantah pada fungsi-fungsi pemerintahan, berada pada pundak anggota Korpri. Tujuan Negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, harus menjadi orientasi sekaligus visi dari cara kerja anggota Korpri di manapun, kapanpun dan apapun bidang tugas yang diembannya.

“Oleh karena itu, sekecil apapun tugas yang diemban oleh seorang anggota Korpri harus disadari benar, bahwa pada dasarnya kita sedang melaksanakan tugas Negara,“ bebernya.

Korpri  yang semakin dewasa lanjutnya,  harus diiringi dengan kualitas aparatur negara yang semakin meningkat dalam upaya menjalankan tugasnya. Karena hanya kualitas SDM dan sumber daya aparatur yang terbaik, yang menjadi salah satu faktor kunci suksesnya pembangunan.

“Oleh karena itu, saya minta kepada aparatur pemerintah, harus dan secara terus menerus meningkatkan kompetensinya guna menunjang kualitas kinerjanya, agar ke depan masyarakat semakin puas dengan pelayanan yang diberikan. Peran Korpri memiliki arti yang sangat strategis dalam upaya mengimplementasikan tujuan pembangunan. Sekali lagi, selamat HKN Ke-53, kepada  keluarga besar PGRI dan HGN, serta selamat ulang tahun kepada segenap warga Korpri Ke-46 tahun 2017. Insya Allah, Tuhan selalu bersama kita dalam tugas dan pengabdian kita di manapun berada,” pungkasnya. (Humas6/LVL).

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password