Divonis 5 Tahun, Beli Sabu Untuk Dijual ke Masyarakat

Terpidana Sunandar. (foto:ib)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Majelis Hakim Pengadilan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur kembali mengetuk palu atas penyalagunaan Narkotika.

Vonis Hakim kali ini dijatuhkan kepada seorang pengedar sabu bernama Sunandar (28), warga Jalan Mas Penghulu, Kelurahan Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang.

Terdakwa Sunandar terbukti bersalah tanpa hak memiliki, menguasai dan menyimpan Narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya 1,45 gram.

Majelis Hakim yang dipimpin Lucius Sunarno SH MH didampingi Hakim Anggota Rustam SH dan Budi Santoso SH, dalam amar putusannya, Selasa (21/11/2017) siang mengganjar terdakwa dengan hukuman penjara selama 5 tahun denda Rp800 Juta subsidair 3 bulan kurungan.

Terdakwa Sunandar yang sebelumnya dituntut 6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Reza Pahlepi, terkait vonis Hakim tersebut memperlihatkan reaksi biasa saja.

Dari pengamatan media ini terdakwa terkesan tak ada efek jera dari vonis hakim tersebut. Sunandar langsung saja menyatakan menerima atas vonis yang dijatuhkan Hakim.

“Gimana saudara terdakwa, apa menerima atau pikir-pikir,” tanya Hakim Lucius.

“Saya terima pak Hakim,” sahut terdakwa Sunandar.

Demikian juga dengan JPU Reza Pahlepi langsung menyatakan menerima atas vonis hakim.

Dalam perkara ini, JPU menjerat terdakwa dengan Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Terdakwa terbukti sebagaimana terungkap dalam fakta persidangan dan keterangan saksi bahwa Sabu 1,45 gram dibelinya dari Agus Salim seharga Rp1,2 Juta.

Terdakwa mengaku Sabu tersebut akan dia jual kembali kepada Masyarakat. (ib)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password