Tumbuhkan Minat Baca, SD IT Nurul Hikmah Kunjungi Dinas Perpustakaan 

Murid-Murid SD IT Nurul Hikmah. (foto:hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, terus berupaya mensosialisasikan buku bacaan yang dimiliki agar  dengan mudah dapat dibaca oleh masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka menumbuhkan minat baca bagi siswa-siswi sekolah dan masyarakat pada umumnya.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Arsip PPU, Indah Rumainiyah, di sela-sela kunjungan murid-murid SD IT Nurul Hikmah Kelurahan Naipah-Nipah, Kecamatan Penajam, ke Dinas ini, Selasa (14/11/2017).

“Intinya dari kita adalah mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten PPU termasuk kepada siswa-siswi sekolah, untuk menumbuhkan minat baca anak-anak kita dan masyarakat pada umumnya. Selain itu tentunya ikut mendukung pemerintah daerah dalam rangka mencerdaskan masyarakat melalui kegiatan gemar membaca, sesuai dengan amanat UUD 1945,” kata Indah Rumainiyah.

Saat ini, lanjutnya, Dinas Perpustakaan dan Arsip kedatangan anak-anak sekolah asal SD IT Nurul Hikmah sebanyak 84 siswa-siswi, yang sedang melakukan kegiatan luar sekolah didampingi oleh guru pengajar. Mereka diajak bersama-sama memperkenalkan berbagai jenis buku pelajaran maupun buku lainnya di Dinas Perpustakaan dan Arsip, serta diajarkan berbagai cara anak untuk lebih mencintai buku-buku pelajaran yang ada di sana.

“Untuk menumbuhkan minat baca anak kita, memang harus dimulai sejak dini. Jika ini telah ditanamkan kepada anak-anak sejak dini, maka insya Allah mereka semua akan memliki nilai plus, karena buku merupakan sumber dari segala ilmu dan informasi,” kata Indah Rumaniyah.

Ditambahkannya, Dinas Perpustakaan dan Arsip merupakan salah satu lembaga yang ikut berperan aktif mencerdaskan generasi penerus, selain dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang ada di Kabupaten PPU. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip giat mensosialisasikan keberadaannya, termasuk layanan perpustakaan keliling yang siap berkunjung ke Desa/Kelurahan dan tempat-tempat strategis di 4 Kecamatan di seluruh Kabupten PPU.

“Salah satu contoh beberapa tempat telah didatangi mobil layanan Dinas Perpustakaan dan Arsip antara lain, Posyandu Daya Taka, Desa Rintik, Kecamatan Babulu. Kantor Desa Labangka, Kecamatan Babulu, sekaligus dilakukan Sosialisasi Budaya Gemar Membaca di sana beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Lanjutnya, buku-buku bantuan dari Perpustakaan Nasional yang berjumlah 5.523 exemplar itu telah dipastikan mempunyai nilai dan berkualitas, karena pengarangnya rata-rata penyandang gelar professor, hal itu tentu menjadi hal yang luar biasa. Menurutnya, buku-buku bacaaan yang disiapkan sangat bermanfaat karena di dalamnya banyak mengandung keilmuan dan mengandung nilai manfaat.

“Manfaat dan nilai baca itu dapat merangsang pembacanya untuk menggali informasi lebih banyak lagi. Buku-buku yang isinya berkaitan dengan kegiatan masyarakat setempat setelah dibaca, kemudian dipelajari materinya juga  bisa dipraktekkan serta dikembangkan di wilayah masyarakat masing-masing,” harapnya. (Humas6/LVL)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password