Akhiri Tugas di Perbatasan RI-Malaysia, Prajurit Yonif 611/Awl Diganti Yonif 621/Mtg

Serah terima alih komando dan pengendalian (Kodal) Satgas Pamtas RI-Malaysia dipimpin Kasrem yang bertindak selaku Wadan Kolaops Korem 091/ASN, Kolonel Inf Frenky E. Riupassa. (foto:Penrem 091/Asn)

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Ratusan Prajurit 621/Manuntung (Mtg) Kodam VI/Mulawarman menggantikan Pasukan Satuan Tugas Penjaga Wilayah Perbatasan (Satgas Pamtas), Pasukan Yonif 611/Awang Long (Awl) yang bermarkas di Samarinda, Kaltim, setelah bertugas selama 9 bulan.

Serah terima alih komando dan pengendalian (Kodal) ini dilaksanakan di Jln Fatahilah, Kotis Satgas Pamtas RI – Malaysia, Kelurahan Nunukan Tengah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Jum’at (20/10/2017).

Dalam amanat Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan dibacakan Kasrem, yang bertindak selaku Wadan Kolaops Korem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E Riupassa menyampaikan tentang persoalan perbatasan antar negara, hingga kini masih merupakan suatu permasalahan yang cukup kompleks, menyangkut kedaulatan, Integritas maupun martabat masing-masing Negara.

Danrem menambahkan bahwa kawasan perbatasan juga memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi, seperti  penyelundupan, khususnya Narkoba dan kegiatan-kegiatan ilegal. Antara lain illegal logging, illegal mining, illegal trafficking.

“Termasuk pelintas batas secara ilegal. Hal ini agar menjadi perhatian seluruh prajurit selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan,” tegas Danrem.

Berdasarkan laporan purna tugas  dan hasil evaluasi dari Satgas Yonif 611/Awang Long, terlihat bahwa para prajurit telah mampu melaksanakan tugas yang diberikan dalam menjaga keamanan perbatasan RI – Malaysia dengan sangat baik. Antara lain,  meningkatnya jumlah patok batas yang telah diketahui letak dan kondisi rilnya, menggagalkan penyelundupan Narkoba 51,66 gram, Miras 949 botol, menerima penyerahan Senjata 83 pucuk, Pistol 1 pucuk, Munisi penabur 2 butir dan deportasi TKI sebanyak 2.421 orang. Hal ini tidak terlepas dari keseriusan dan semangat yang telah ditunjukkan dengan baik oleh seluruh prajurit.

Berita terkait : Yonif 611/Awl, Satgas Pamtas RI-Malaysia Amankan 77 Pucuk Senpi

”Berkenaan dengan keberhasilan tersebut, selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia maupun selaku pribadi, saya  menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan kepada Satgas Yonif 611/Awang Long yang telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan dengan sangat baik,” ujarnya.

Acara dilanjutkan penandatanganan naskah serah terima Satgas Pamtas RI-Malaysia, dari Yonif 611/Awang Long ke Yonif 621/Manuntung. (Penrem 091/ASN/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password