Satukan Ormas Gepak, Forum Kebangsaan Berjuang Wujudkan Rekonsiliasi

HM.Yos Soetomo memimpin pertemuan dalam upaya mewujudkan rekonsiliasi Ormas Gepak. (foto:1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Yos Soetomo, Ketua Dewan Pembina Forum Kebangsaan Kalimantan Timur bersama sejumlah tokoh masyarakat Kalimantan Timur yang tergabung di dalamnya, mengambil peran dalam upaya rekonsiliasi untuk menyatukan kembali dua kubu organisasi masyarakat (Ormas) Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) yang mengalami dualisme kepemimpinan beberapa tahun terakhir.

Dalam pertemuan di Hotel Bumi Senyiur, Rabu (4/10/2017) yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pembina Forum Kebangsaan, HM Yos Soetomo  dan jajaran mengatakan, Forum Kebangsaan menyampaikan rasa syukur dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Abraham Ingan dan M Barkati karena memiliki jiwa yang besar dalam proses rekonsiliasi ini.

Adapun permohonan awal rekonsiliasi ini disampaikan oleh pihak Hamdani HB kepada Forum Kebangsaan.

“Forum Kebangsaan dengan senang hati bersedia untuk menjadi fasilitator dalam rekonsiliasi ini,” sebut Yos Soetomo.

Disampaikan juga oleh Yos Soetomo bahwa, Gepak adalah sebuah Ormas yang besar.

Kemudian oleh Ketua Umum PB GEPAK mengatakan dalam prosesnya selaku salah satu pendiri dan Ketua Umum PB GEPAK, menerima secara  terbuka baik cara damai maupun cara hukum segala upaya damai pihak Forum kebangsaan untuk melakukan rekonsiliasi Ormas Gepak.

“Dan kita siap menerima pihak-pihak versi tersebut (Hamdani-red) ke dalam struktur Gepak. Tapi tentunya sesuai dengan AD/ART Gepak. Sebagaimana yang telah ada sejak tahun 2001, sejak Gepak didirikan,” jelas Abraham Ingan.

Sebagai Ketua Umum, kata Abraham saat ditemui di lobby Hotel Bumi Senyiur, pihaknya sudah memenuhi segala tanggung jawab organisasi untuk melengkapi segala legalitas dan persyaratan yang sesuai dengan aturan Hukum Ormas yg berlaku, yaitu Akta Notari, NPWP, MenkumHam, dan Hak Cipta logo merek DJKI dan Nomor Rekening Bank.

Dijelaskan juga Abraham, Gepak saat ini adalah Ormas yang telah memiliki Badan Hukum yang lengkap di Kementerian Hukum dan HAM.

“Secara aturan Hukum Gepak telah melengkapi semua syarat administrasi, maka apabila dilakukan rekonsiliasi tentunya juga harus melebur di dalam Gepak yang sudah bersatu dalam naungan aturan hukum yang sah,” tandas Abraham.

Terkait upaya rekonsiliasi tersebut, Sekretaris Umum (Sekum) PB GEPAK M Barkati Ssos MH mengatakan, pada prinsipnya untuk rekonsiliasi Gepak sangan terbuka. Bahkan disampaikan, kalau memang saudara Hamdani HB masih mau bergabung ke Gepak, maka dipersilahkan untuk datang dan membicarakan secara khusus masalah ini dengan Sekum, agar rekonsiliasi yang sudah berjalan ini supaya ada hasilnya.

“Saat ini kita perlu langkah nyata untuk saudara-saudara kita yang memang betul-betul mencintai Gepak, agar semua perbedaan pendapat ini dapat segera diselesaikan. Dan kepada pihak-pihak yang telah menyadari kekeliruannya selama ini, kami buka pintu selebar-lebarnya untuk bergabung ke dalam struktur Gepak,” tandas Barkati.

Sebelum pertemuan ini, Forum Kebangsaan Kalimantan Timur telah menggelar rapat rekonsiliasi di tempat yang sama dengan dihadiri kedua belah pihak, Kamis (14/9/2017). (LVL)

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password