Berharap Akses Jalan Ditingkatkan, Taraf Hidup Petani Meningkat

Akses jalan Petani Desa Binuang. (foto:amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Madan, Kepala Desa Binuang, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, menilai kehidupan warganya semakin baik dalam beberapa tahun terakhir.

“Kalau dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, taraf kehidupan petani khususnya Desa Binuang peningkatannya cukup baik. Terutama bagi Petani Kelapa Sawit dan Karet,” sebut Madan Wartawan DETAKKaltim.Com di ruang kerjanya, Rabu (20/9/2017) pagi.

Ia mengungkapkan, untuk mempermudah dan mempercepat para Petani menjual hasil panennya,  maka peningkatan akses jalan usaha tani menjadi prioritas dan sangat diharapkan bagi para Petani di Desanya.

“Saya sangat berharap, selama saya menjabat sebagai Kepala Desa program yang menjadi unggulan saya, terbukanya akses jalan usaha tani sehingga ke depannya tak ada lagi keluhan dari para Petani untuk menjual hasil panennya,” jelasnya lebih lanjut.

Madan menambahkan, yang paling penting harus dijaga perawatan akses jalan usaha tani tersebut. Pasalnya untuk membangun jalan usaha tani tentunya memerlukan biaya uang cukup besar. Sementara ini upaya yang bisa dilakukan pihaknya berupa perbaikan dan perawatan jalan, yang dikerjakan secara swadaya oleh warga.

Ketika disinggung upaya yang dilakukannnya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa Binuang, ia mengatakan pihaknya tengah membentuk BUMDes.

“Pengurus BUMDes dan payung hukumnya sudah selesai. Selanjutnya pelaksanaannya ini masih dalam proses. Terkait anggaran kami sudah persiapan untuk penyertaan modal di BUMDes senilai  Rp100 Juta, wacananya melalui penyediaan tabung gas untuk kebutuhan warga dan jual beli Buah Sawit,” tandasnya. (amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password