Danrem 091/ASN Beri Kuliah Umum di Universitas Mulawarman

Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Irham Waroihan, S.Sos saat memberikan Kuliah Umum. (foto:Penrem 091/ASN)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S Sos didampingi Rektor Universitas Mulawarman Prof Dr H Masjaya M Si, menyampaikan Kuliah Umum kepada ribuan mahasiswa dan mahasiswi baru di GOR 27 September Universitas Mulawarman, Jln KH Dewantara, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Utara, Kamis (7/9/2017).

Danrem 091/ASN dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, Pancasila tidak terkait dengan salah satu agama apapun juga, akan tetapi Pancasila mengajarkan kita untuk menjadi orang yang beragama. Karena saat ini banyak orang yang memperalat agama untuk dijadikan kepentingan pribadi, dan seharusnya agama bertujuan untuk bermasyarakat bukan untuk membenci.

“Saat ini di Indonesia sudah mulai timbul kelompok – kelompok intoleran, yang berusaha memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia,” ungkap Danrem.

Lanjut dalam pengarahannya, Danrem menyampaikan kepada ribuan mahasiswa baru yang saat ini sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) agar selalu waspada, karena mahasiswa di Indonesia saat ini telah menjadi target proxy war oleh pihak-pihak luar untuk memecah belah bangsa Indonesia.

“Proxy war ini juga menggunakan Narkoba untuk merusak generasi bangsa kita, maka saya berharap mahasiswa-mahasiswa sekarang tidak akan mau mengenal Narkoba dan obat-obat terlarang lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan dalam pengarahannya, mengajak seluruh pemuda terutama mahasiswa sebagai calon pemimpin Indonesia di masa yang akan datang, untuk menyadari hal ini dan mempersiapkan diri.

“Mari kita bersatu padu dan bersinergi untuk menyongsong Indonesia Emas, dan menjadi bangsa pemenang,” ajak Danrem.

Pembekalan berlangsung seru dan menarik karena Mahasiswa Unmul sangat antusias dan bersemangat. Selain itu di tempat berlangsungnya acara juga terlihat penuh sesak, karena dipadati lebih dari 5.000 mahasiswa dan mahasiswi baru yang sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Universitas Mulawarman.

Dalam kesempatan itu, Staf Khusus Menteri Riset Teknologi dan  Pendidikan Tinggi Dr KH Abdul Wahid Maktub memberikan pengarahan, serta pembekalan terhadap Mahasiswa Baru dengan Tema “‎Membangun SDM Bermutu dan Handal Di Era Kompetisi Global” . Isinya menghimbau pada mahasiswa bahwa tantangan ke depan semakin berat, namun beliau yakin bahwa Universitas Mulawarman dapat bersaing dengan universitas nasional lainnya.

“Kalau kita ingin sukses maka kita harus menguasai ilmu dan tidak boleh gampang menyerah serta putus asa, sehingga kita tidak akan tertinggal dengan yang lain,” ucapnya.

Usai menyampaikan materi Kuliah Umum dilanjutkan dengan pemberian Cinderamata oleh Rektor Unmul Prof Dr H Masjaya M Si kepada Staf Khusus Menteri Riset Teknologi dan  Pendidikan Tinggi, Dr KH Abdul Wahid Maktub, dan Danrem 091/Asn Brigjen TNI Irham Waroihan S Sos. Dilanjutkan dengan peninjauan ke stand-stand Pameran UKM Unmul, serta pameran Alutsista dari anggota TNI jajaran Korem 091/ASN. (Penrem 091/ASN/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password