Diseminasi Iptek Garapan LIPI, Ahmad : Iptek Sebuah Kebutuhan

Seorang Petani menerima bantuan bibit tanaman Mangga. (foto:hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Ahmad Usman, Asisten Pembangunan Ekonomi dan Kesra Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, membuka  diseminasi IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan tema “Pengenalan Konservasi Pengembangan Potensi Daerah” di Kabupaten PPU, Kamis (24/8/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Komisi VII DPR RI, H Ihwan Datu Adam, Kepala LIPI Profesor Bambang Rianto beserta jajarannya.

Ahmad Usman dalam sambutannya mengatakan, tidak dapat dipungkiri bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini memiliki peran yang sangat luar biasa dalam kehidupan manusia. Saat ini semua aspek kehidupan telah tersentuh oleh kemajuan IPTEK, tidak terkecuali bagi penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Pemanfaatan IPTEK di tingkat Pemerintah Daerah, saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan, lanjutnya. Bukan saja untuk mempermudah pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, tetapi juga untuk pengembangan potensi daerah secara optimal. Hal ini karena, apabila tidak memanfaatkan IPTEK dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, tentu akan tertinggal dari daerah lain yang saat ini berlomba-lomba memanfaatkan IPTEK bagi kemajuan daerah masing-masing.

“Oleh karenanya, saya menyambut baik acara diseminasi IPTEK LIPI ini, khususnya pengenalan konservasi pengembangan potensi daerah pada hari ini,“ tutur Ahmad Usman.

Pemerintah Daerah  juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran LIPI, lanjut Ahmad Usman, karena telah berkenaan melaksanakan kegiatan diseminasi IPTEK LIPI. Diseminasi hasil-hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti-peneliti LIPI pada saat yang lalu dilaksanakan di Kabupaten PPU.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai daerah yang masih baru,  khususnya dalam mengoptimalkan potensi daerah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat PPU,“ tandasnya.

Ratusan peserta mengikuti kegiatan ini terdiri  dari Petani dan Nelayan di wilayah Kecamatan Penajam. Dalam rangkaian kegiatannya, LIPI juga memberikan pemaparan berbagai materi tentang pertanian dengan menghadirkan sejumlah narasumber.

Di akhir acara, penyelenggara juga melakukan praktek penanaman sejumlah bibit tanaman unggul berupa Durian Montong, Mangga, Jeruk dan sebagainya. LIPI juga membagikan aneka bibit tanaman kepada peserta diseminasi yang hadir.

Plt Kepala LIPI, Dr Bambang Rianto dalam sambutannya mengungkapkan, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten PPU yang telah memfasilitasi kegiatan diseminasi Iptek di PPU, sehingga sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar.

“Kegiatan ini secara langsung melibatkan masyarakat PPU sebagai peserta. Tujuannya agar mereka yang  sebagian besar berprofesi sebagai Petani dan Nelayan dapat memahami apa yang telah disampaikan oleh pemateri sehingga pada akhirnya mampu menambah pengetahuan bagi masing-masing peserta. Terimakasih kami sampaikan kepada pemerintah Kabupaten PPU,“ tandasnya. (Humas6/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password