Bupati PPU Buka Kejuaraan Sepak Bola Liga Pelajar U-16 Kaltim

Yusran Aspar melakukan sepakan pertama menandai dibukanya Liga Pelajar U-16 tingkat Provinsi Kaltim. (foto:hms)

 DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Yusran Aspar, Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, membuka secara resmi Liga Pelajar U-16 Kementerian Pemuda dan Olahraga Tingkat Provinsi Kalimantan Timur  (Kaltim) Tahun 2017 yang dilaksanakan di Stadion Panglima Sentik Kilometer 09 Nipah-Nipah, Rabu (23/8/2017).

Sehari sebelumnya di tempat yang sama, penyelenggaraan Bupati CUP II Tahun 2017 juga telah ditutup oleh Bupati PPU.

Yusran Aspar dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan Liga Pelajar U-16 Kementerian Pemuda dan Olahraga Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2017 yang dilaksanakan di Kabupaten PPU tersebut. Menurutnya, dunia Sepak Bola ini memang baru dapat mempunyai nama besar apabila turnamen semacam itu rutin dilaksanakan. Dengan kata lain harusnya turnamen memang dilakukan secara berjenjang mulai usia 16, 17, 18 dan seterusnya baru satu klub Sepak Bola dapat dikenal.

“Pelaksanaan turnamen Sepak Bola Liga Pelajar U-16 di PPU ini terlaksana merupakan salah satu bentuk apresiasi Pemerintah Daerah terhadap olahraga Sepak Bola. Ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap Sepak Bola di PPU maupun Kaltim, walaupun sejujurnya kondisi keuangan daerah kita  juga sedang sakit,“ sebut Yusran Aspar.

Yusran berharap, Liga Pelajar yang dilaksanakan tersebut tidak berhenti sampai di situ. Dengan kata lain, jenjang yang lebih tinggi harus terus  dilaksanakan dan diikuti mulai tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional dan Internasional.

“Melalui turnamen Liga Pelajar U-16 ini, kami  berharap dapat menciptakan Kesebelasan-Kesebelasan handal yang siap mengikuti kompetisi ke jenjang yang lebih tinggi untuk mewakili Kaltim,“ ujar Yusran Aspar lagi.

Marjani, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten PPU mengatakan, Piala Menpora merupakan salah satu program unggulan yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama para penggiat Sepak Bola Nasional.  Sebagai hasilnya, pemenang berhak mendapatkan Trofi, Piala dan Piagam penghargaan. Mereka yang menjadi juara juga akan mewakili Kaltim ke tingkat Nasional dalam waktu dekat ini.

“Ini merupakan kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten PPU terhadap kegiatan Sepak Bola di Kaltim tersebut. Kesebelasan yang berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi Liga Pelajar U-19 ini selanjutnya akan mewakili Kaltim dalam Liga Pelajar memperebutkan Piala Menpora Tahun 2017 di tingkat Nasional dalam waktu dekat ini,“ jelas Marjani.

Menurut Marjani, Liga Pelajar U-16 ini diikuti oleh 7 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Di antaranya Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Berau,  Kabupaten Paser dan Kabupaten PPU.

“Masing-masing Kabupaten/Kota mengirimkan satu tim U-16 terbaiknya, untuk mengikuti ajang kompetisi tingkat Provinsi Kaltim ini. Tim Liga Pelajar U-16 yang berhasil di Tingkat Propinsi Kaltim ini,“ pungkasnya. (Humas6/LVL)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password