Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkab PPU Bangun RS Tipe D di Sepaku

Pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama di Sepaku. (foto:hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Masyarakat Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur bisa berbahagia. Sebab di wilayah mereka dalam waktu dekat bakal berdiri Rumah Sakit Umum (RSU) Tipe D Pratama yang akan berdiri dekat Kantor Kecamatan Sepaku.

Perihal ini seperti dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PPU, Dokter Arnol Wayong, Selasa (15/8/2017).

“RSU Tipe D Pratama bakal segera berdiri dan melayani masyarakat di Kecamatan Sepaku. Kini sedang proses pengerjaan pembangunan dan saat ini pondasi bangunan telah selesai dikerjakan. Kita doakan saja semoga pembangunan yang dikerjakan cepat selesai, sehingga dapat segera memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Sepaku,“ ujar Arnold Wayong.

Arnold juga mengatakan, pembangunan RSU Tipe D tersebut ditargetkan rampung tahun 2017 ini. Diharapkan pada tahun 2018 mendatang sejumlah fasilitas RSU bisa segera terisi, sehingga RSUD segera dapat difungsikan. Dia membeberkan pembangunan RSU Tipe D Pratama tersebut menelan anggaran sekitar Rp8 Milyar.

“Kami berfikiran karena alat untuk kesehatan harganya cukup mahal, maka dibutuhkan anggaran tidak sedikit apalagi kita melihat ke depan keadaan keuangan daerah sekarang masih prihatin. Namun setelah resmi dioperasikan sedikit-demi sedikit akan ditambah peralatannya, sehingga RSU ini nantinya dapat berjalan maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Sepaku,“ harapnya.

Lebih lanjut ia  menjelaskan, RSU yang nantinya mampu menampung pasien rawat inap sebanyak 40 orang tersebut, dibangun karena pertimbangan selama ini masyarakat Kecamatan Sepaku menghadapi kendala akibat akses jalan menuju RSUD PPU. Sementara jika melalui Kota Balikpapan posisinya lebih jauh dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Bahkan banyak pasien tidak sampai ketujuan karena lamanya perjalanan yang harus ditempuh oleh pasien. Atas dasar pertimbangan tersebut, maka Pemkab PPU memikirkan untuk meratakan pelayanan kesehatan sampai ke Kecamatan Sepaku dengan membangun RSU walaupun hanya dengan Tipe D.

“Kami berharap dengan adanya RSU tersebut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,  khususnya di Kecamatan Sepaku ini. Jadi nantinya jika pasien harus menjalankan rawat inap, cukup di RSU saja tidak perlu ke RSUD yang jaraknya cukup jauh. Setidaknya upaya ini dapat mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan bagi seluruh masyarakat sepaku,“ tandasnya. (Humas6/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password