Ditemukan Tewas, Tenggelam Saat Mancing di Waduk Manggar

Tim SAR gabungan melakukan evakuasi jasad Sarjito ke tepi Waduk. (foto: Basarnas Kaltimra)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian hingga malam hari berhasil menemukan Sarjito (55), pemancing yang tenggelam di Waduk Manggar, Jum’at (14/7/2017) sekitar Pukul 21:12 Wita.

Tampak Jasad mantan Ketua RT 26 itu dievakuasi ke pinggir Waduk menggunakan rubber boat milik Basarnas.

“Kami bersama unsur SAR lainnya menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia, tidak jauh dari posisi korban tenggelam,” jelas Kepala Seksi Operasi Basarnas Kaltimra Octavianto.

Waduk Manggar. (foto: Basarnas)

Octa mengatakan, korban dievakuasi untuk kemudian dibawa dengan ambulans menuju rumah korban. Jarak korban ditemukan, kata Octa, sekitar  5 meter dari lokasi kejadian dengan kedalaman 10 – 15 meter, oleh tim penyelam dari Basarnas Special Group (BSG).

“Saat dilaksanakan penyisiran di bawah air. Tim yang terdiri dari dua orang penyelam BSG berhasil menemukan korban di dasar air dengan kondisi visibilty zero (o) dikarenakan penyelaman malam hari. Setelah kurang 15 menit penyelaman tim menemukan korban,” jelas Octa.

Sebelum jasad, kapal dan mesin tempel milik korban telah berhasil ditemukan oleh tim rescue gabungan. Dari keterangan saksi, korban yang merupakan warga Jalan Giri Rejo, Km 15, RT 26, Balikpapan Utara ini diketahui hanya seorang diri memancing dengan menggunakan perahu.

Tiba-tiba 30 menit kemudian seorang saksi melihat perahu korban oleng. Pencarian atas korban dilakukan unsur SAR gabungan dengan teknik penyelaman tanpa menggunakan alat apapun.

“Kedalaman air waduk lokasi kejadian sekitar kurang lebih 15 meter,” tambah Octa.

Sebelumnya, seorang warga diduga tenggelam di Waduk Manggar, Km 15, Rt 26, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Jum’at (14/7/2017) sekitar Pukul 5 sore tadi.

Informasi didapat Basarnas dari masyarakat melalui radio VHF sekitar Pukul 5:35 sore tadi, dan langsung mengerahkan tim rescue untuk menjangkau lokasi kejadian. (rsk)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password