Terkendala Anggaran, Rencana Bangun Pasar Hewan Molor

Bambang Harimurtomo. (foto:amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Rencana meningkatkan Pendapat Asli Desa (PAD) Giripurwa, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, melalui BUMDes Anugerah, dengan program pasar Hewan yang pertama di Kaltim belum bisa dilaksanakan dalam waktu ini. Hal ini disampaikan Bambang Harimurtomo, Dirut BUMDes Anugerah Desa Giripurwa, Selasa (11/7/2017) pagi.

Untuk terus meningkatkan PAD Desa Giripurawa tahun 2017, Kepala Desa Giripurwa mengalokasikan dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) pusat dan daerah sebesar Rp200 Juta. Dana ini digunakan untuk pengembangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Perkebunan Kelapa Sawit dan Perternakan yang difokuskan pembangunan pasar Hewan.

“Dari alokasi saya ajukan baru terealisasi 25 persen. Dana yang banyak terserap di Perkebunan Kelapa Sawit, dari perawatan sampai pemupukan,” jelasnya.

Selanjutnya, jelas Bambang, untuk pasar pengerjaannya sudah sampai ke tahap persiapan lahan dan pagar kandang.

“Rencana pembangunan Pasar Hewan ini tetap menjadi prioritas, pasalnya peluang bisnis pasar Hewan sangat baik.

Bambang berharap dukungan pemerintah daerah dalam rangka meningkatan pendapatan asli desa, melalui BUMDes dengan memberikan alokasi dana lebih besar lagi.

Sementara BUMDes Anugerah Desa Giripurwa melalui Lembaga Perkreditan desa (LPD) sudah meraih laba kotor Rp20 Juta/ bulan dengan mempekerjakan 5 orang karyawan. Selain itu masih ada aset yang lain.

“Saya selalu berupaya meningkatkan pendapatan asli Desa Giripurwa, tentunya melalui proses dan tahapan,” tandasnya. (amran)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password