Merasa Hanya Jadi Penonton, Warga Sotek Tuntut Perusahaan

Rapat warga dengan perwakilan perusahaan yang difasilitasi Pospol Kelurahan Sotek. (foto:amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Mulyadi, satu di antara sekian banyak warga Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur menilai wajar kalau sebagian warga masyarakat di wilayahnya yang mempunyai kemampuan dan keahlian, menginginkan dan meminta pekerjaan kepada beberapa perusahaan yang melintas di kelurahan ini.

“Sebagai penduduk lokal, warga Sotek tidak hanya mau jadi penonton,” sebut Mulyadi, Sabtu (8/7/2017).

Dalam rapat yang digelar dan difasilitasi Pospol Kelurahan Sotek antara warga dengan PT Putra Rimba Nusantara (PRN), salah satu perusahaan Sub Kontraktor PT Fajar Surya Swadaya, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penanaman hutan produksi Kayu  Sengon, warga berharap kepada manajemen PT PRN agar menerima dan mempekerjakan masyarakat lokal, sesuai dengan kemampuan dan keahliannya. Pasalnya, selama ini mereka beranggapan hanya jadi penonton.

Dalam rapat yang hanya dihadiri kurang lebih 18 orang warga Sotek ini, terungkap adanya kesenjangan sosial yang terjadi. Terutama dalam rekrutmen dan penerimaan tenaga kerja. Warga Sotek menilai manajemen PT PRN masih banyak menggunakan tenaga dari luar daerah.

Menanggapi keluhan serta aspirasi warga Sotek, Simamora, perwakilan manajemen PT PRN mengatakan akan menyampaikan aspirasi warga.

“Akan saya sampaikan ke pihak pimpinan manajemen, saya sangat terbuka kepada warga masyarakat. Kami baru mempunyai 34 unit tronton, selanjutnya 6 unit dalam proses perbaikan,” paparnya.

Simamora menambahkan, pihaknya sudah memakai supir lokal dari kelurahan Sepan dan Kelurahan Sotek. Semuanya ada 4 orang. Ia berjanji akan mengakomodir dan mengutamakan pekerja di Kelurahan Sotek.

“Saya mewakili pihak manajemen meminta waktu untuk menyampaikan aspirasi teman – taman ini ke pihak manajemen, mudahan dalam waktu dekat ini ada jawaban,” tukasnya.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, anggota Pospol Kelurahan Sotek, Bripka Endro BY berharap warga bisa menahan diri.

“Yang jelas pihak manajemen sudah mendengar aspirasi masyarakat, jadi kita sama-sama sabar menunggu janji dari pihak manajemen  PT PRN,” tandasnya. (amran)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password