Orang Utan Ditemukan di Makroman, Berharap Bisa Dievakuasi

Lokasi penemuan Orang Utan. (foto:Z7)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dua ekor Orang Utan ditemukan di sekitar lokasi tambang penangkaran Buaya, Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (5/7/2017).

Penemuan itu berawal dari laporan pekerja tambang kepada relawan Samarinda, agar binatang yang dilindungi itu bisa dilakukan upaya evakuasi.

Berdasarkan pantauan Wartawan DETAKKaltim.Com di lapangan melihat dua ekor hewan tersebut bergelantungan di pohon, dan berjarak 500 meter dengan posisi jurang tambang yang cukup dalam.

“Saya melihat dari kemarin di sana. Saat kami sedang santai siang hari dan hingga saat ini binatang itu masih di sana. Dan pengawas lapangan saya bilang kasih tahu pihak berwajib biar dikarantina. Dan jangan sampai ada pemburu yang nantinya malah melukai binatang itu,” kata pekerja tambang yang tak ingin namanya dipublikasikan itu

Dia menduga binatang itu tersesat dan tidak memiliki tempat tinggal lagi, karena rumahnya (hutan) di daerah tersebut sudah sebagian gundul.

“Kayaknya itu tersesat, akhirnya dia di sana dan tidak bisa kemana-mana lagi,” terang lelaki yang berperawakan kurus itu.

Salah seorang relawan sosial Kota Samarinda Ramadhan yang ditemui di lokasi menyebutkan hal yang serupa, dan karena kondisi peralatan dan safety kurang memadai.

“Kami tidak berbuat apa untuk membantu karena kondisi lokasi cukup extrime. Dan kami berharap pemerintah dapat segera menyelamatkan orang hutan tersebut. Dan dimasukkan ke karantina, karena itu binatang yang dilindungi,” terangnya. (Z7)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password