Sengketa Pilkades Tengin Baru, PT Menangkan Penggugat

Ahmad Mauladin (2 kiri) bersama Sardi saat bertemu Ketua DPRD PPU. (foto:Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Sengketa hasil pemilihan Kepala Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Pasèr Utara (PPU), Kalimantan Timur, tahun 2016 lalu yang dimenangkan Abdul Haris Nasution berujung ke Pengadilan Tinggi (PT).

Sengketa ini bermula dari gugatan Ahmad Mauladin yang turut serta dalam pemilihan Kepala Desa tahun 2016 lalu, malalui tim Kuasa Hukumnya ke Pengadilan Tinggi.

“Pasalnya, pihaknya menemukan banyak kejanggalan,” sebut Mauladin, Selasa (4/7/2017) sore.

Bupati PPU melalui Kabag Pemerintahan akan melakukan pemilihan ulang sesuai dengan putusan Pengadilan Tinggi.

“Saya DPMPD dan Kejaksaan Negeri Penajam diutus ke Jakarta menindak lanjuti fatwa Mahkamah Agung. Selanjutnya meminta petunjuk teknis dari Kementerian Dalam Negeri terkait pelaksanaan teknis pemilihan ulang yang akan dilakukan di Desa Tengin, agar ke depannya pemerintah tidak salah dalam mengambil keputusan,” jelas Sardi, Kabag Pemerintahan PPU kepada Wartawan DETAKKaltim.Com, Selasa (4/7/2017).

Berikutnya, Bupati berharap, petunjuk teknis pemilihan ulang ini harus sesuai dengan petunjuk Kementerian Dalam Negeri. Pasalnya, pemelihan Kepala Desa di Tengin Baru diikuti tiga calon, salah satu di antaranya sudah menandatangani kekalahannya.

“Jangan sampai ini ada sengketa di kemudian hari. Apakah diikuti dua calon Kepala Desa atau tiga, ini yang harus jelas,” imbuh Sardi.

Sementara, lanjut Sardi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya mengusulkan ke Bupati untuk menunjuk pejabat sementara. Saran dari Bupati, harus ada kepastian petunjuk teknis pemilihan ulang.

Menanggapi persoalan ini, H Nanang Ali, Ketua DPRD PPU berpendapat, apapun kondisinya tentunya putusan Pengadilan Tinggi tidak menggugurkan putusan untuk melakukan pemilihan ulang.

“Tinggal pelaksanaan dan petunjuk teknisnya saja yang harus dari Kemendagri. Saya berharap masalah cepat ada solusinya,” kata H Nanang saat menerima kunjungan Ahmad Mauladin dan Sardi di ruangannya.

Usai terpilih beberapa waktu lalu, Yusran Aspar, Bupati PPU telah melantik Abdul Haris Nasution sebagai Kepala Desa Tengin Baru. (amran)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password