Danrem 091/ASN Pimpin Sertijab Dandim 0904/Tanah Grogot

Danrem 091/ASN Kolonel Inf Irham Waroihan,S.Sos serahkan tongkat Komandan Kodim 0904/Tanah Grogot kepada Letkol Arh Ardian Patria Chandra, M.Sc, (foto:Penrem 091/ASN)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Danrem 091/ASN Kolonel Inf Irham Waroihan bertindak sebagai inspektur upacara pada serah terima jabatan (Sertijab) Dandim 0904/Tanah Grogot dari Letkol Arm Mulyadi kepada Letkol Arh Ardian Patria Chandra di Hall Makorem Jln Gajah Mada, Samarinda, Kalimantan Timur, Jum’at (23/6/2017).

Acara pokok penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan komandan serta penyerahan tongkat komando yang dilakukan Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kolonel Inf Irham Waroihan, dirangkaikan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan komandan dan juga pembacaan serta penanda tanganan pakta integritas. Usai acara pokok, dilanjutkan acara tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN oleh masing-masing pejabat baru, maupun mantan pejabat Komandan Kodim 0904/Tanah Grogot.

“Serah terima jabatan maupun alih jabatan di lingkungan TNI AD seperti yang kita laksanakan sekarang ini,  pada dasarnya merupakan bagian dari upaya Pimpinan TNI AD khususnya jajaran Kodam VI/Mulawarman untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan, pemantapan manajemen organisasi serta pembinaan karier personel TNI-AD agar dapat mengembangkan profesionalismenya. Jabatan Komandan Kodim memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pembinaan teritorial yang menjadi salah satu fungsi utama TNI AD dalam rangka menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan Negara,” kata Kolonel Inf Irham Waroihan dalam amanatnya.

Danrem juga menyampaikan kondisi dan situasi wilayah Kodim 0904/Tanah Grogot yang relatif kondusif dan aman hingga saat ini, adalah cermin dari kerja sama semua instansi terkait telah berjalan dengan baik. Akan tetapi ada beberapa permasalahan yang perlu dijadikan atensi bagi Komandan Kodim 0904/Tanah Grogot dalam pelaksanaan tugasnya ke depan di antaranya, ancaman terorisme di wilayah sebagai salah satu wujud ancaman nyata terhadap keutuhan wilayah, kedaulatan bangsa dan keselamatan seluruh bangsa Indonesia.

Kemudian, permasalahan lain yang tidak kalah pentingnya adalah pengawasan terhadap orang asing (POA).

“Seperti kita ketahui bersama di wilayah Filipina bagian Selatan tepatnya di Kota Marawi, telah diberlakukan darurat militer akibat adanya gejolak dari simpatisan ISIS di wilayah tersebut. Perkembangan terkini para pemberontak semakin terdesak dan melarikan diri keluar wilayah Filipina. Provinsi Kaltara merupakan salah satu daerah yang terdekat dengan Filipina bagian Selatan, sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi tujuan masuknya sel–sel ISIS tersebut. Sehingga apabila tidak diantisipasi akan berdampak pada persoalan sosial, politik, ekonomi dan keamanan di wilayah Korem 091/ASN,” jelas Danrem.

Berikutnya, lanjut Danrem, masalah penyalahgunaan Narkoba. Narkoba merupakan ancaman yang nyata bagi ketahanan bangsa. Penyalahgunaan Narkoba di tengah-tengah masyarakat sudah sangat meresahkan, bahkan sudah masuk pada seluruh tingkat kehidupan sosial, sehingga menjadi sulit untuk dideteksi pergerakannya.

“Untuk itu saya perintahkan kepada Komandan Kodim 0904/Tanah Grogot agar memerangi secara serius permasalahan Narkoba, lakukan tindakan pencegahan penyalahgunaan Narkoba secara internal dan eksternal di satuan, serta koordinasikan dengan Polri dan BNN dalam penanganannya,” tegasnya.

Letkol Arm Mulyadi  menempati jabatan barunya sebagai Pabandya Komsos Sterdam VI/Mulawarman.

Hadir pada upacara tersebut antara lain Para Kasi Korem 091/ASN, para Komandan Kodim seluru jajaran Korem 091/ASN. Para Komandan satuan dan Kabalak, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS dan Ketua serta ibu-ibu pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman.

Usai melaksanakan rangkaian kegiatan sertijab, selanjutnya seluruh undangan dan peserta upacara lainnya  ramah tamah dan buka puasa bersama  di Hall Makorem 091/ASN. (Penrem 091/ASN/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password