Kenaikan TDL Direspon Asisten II Pemkab PPU

H.Ahmad Usman, Asisten II Pemkab PPU. (foto:amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Kenaikan tarip dasar Listrik (TDL) direspon langsung H Ahmad Usman, asisten II Bidang Ekonomi Pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, yang langsung menghubungi Pimpinan PLN Cabang Petung.

Dari konfirmasi lewat telepon selulernya dengan Pimpinan PLN Cabang Petung terungkap, yang paling merasakan dampak kenaikan TDL adalah pelanggan yang menggunakan Daya 900 VA.

Pasalnya, pelanggan rumah tangga menegah (RTM) ini sebelumnya disubsidi pemerintah, namun dengan kenaikan ini selanjutnya dikenakan tarif penyesuaian sebesar 30 persen.

Tahap satu pada bulan Februari sebesar Rp791/ kwh, dari tarip sebelumnya Rp605/ kwh karena Masih bersubsidi.

Selanjutnya, penyesuaian tahap ketiga yaitu di bulan Mei sampai Juni ini harga penyesuaian tarip kembali naik 30 persen sebesar Rp1.352 / kwh.

Pimpinan PLN menambahkan, di bulan Juli nanti tarip dasar Listrik (TDL) diperkirakan mencapai Rp1.400/ kwh,

“Seandainya ada warga masyarakat yang layak mendapatkan subsidi dari pemerintah, bisa mengajukan lewat kecamatan dan mendapatkan verifikasi dari Tim Nasional percepatan dan penanggulangan kemiskinan (TNP2K),” jelasnya.

Ia menambahkan, bagi pelanggan yang memiliki salah satu kartu jaminan sosial, misalnya Kartu Indonesia Pintar secara otamatis mendapatkan subsidi. karena pemegang kartu terakses melalui Basis Data terpadu yang terkoneksi langsung oleh PLN. (amran)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password