Terbukti Menipu, Ustadz Properti Dipenjara 2,6 Tahun

Ustadz Lukman Hakim di persidangan. (foto:ib)

DETAKKaltim.Com,SAMARINDA : Ustadz Lukman Hakim (39) memohon keringanan hukuman kepada Ketua Majelis Hakim Ferry Hariyanta yang mengganjarnya 2 tahun 6 bulan penjara, pada sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur, Jum’at (2/6/2017) siang.

Direktur PT Zamzam Anugrah Properti ini terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan, sebagaimana yang dimaksud Pasal 378 KUHP.

Perbuatan terdakwa dinyatakan merugikan konsumennya Ratusan Juta Rupiah terkait pembagunan perumahan.

“Gimana apakah saudara menerima putusan ini?” tanya Ketua Majelis Hakim kepada terdakwa.

Ustadz Lukman tidak langsung menyahut. Ia terlihat bingung dan dengan suara pelan dia lalu memohon.

“Tolong yang mulia kalau bisa diringankan lagi,” pintanya.

Sang ustadz mengaku menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi. Dia juga mengaku sebagai tulang punggung keluarga. Kendati begitu, Majelis Hakim tetap pada putusannya.

“Keputusan ini sudah melalui musyawarah,” sahut Ketua Majelis Hakim.

Atas vonis tersebut Ustadz Lukman nyatakan pikir-pikir. Vonis ini juga lebih ringan 6 bulan dari tuntutan JPU Agus Supriyanto yang menuntut terdakwa selama 3 tahun penjara.

Dasar tuntutan JPU karena terdakwa terbukti bersalah melakukan penipuan konsumen, di mana dari 6 orang saksi yang dihadirkan dalam persidangan mengaku termakan omongan dan bujuk rayu sang ustadz, yang berjanji akan membangunkan rumah di daerah Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kujang, Kota Samarinda.

Berita terkait : Tipu Konsumen, Direktur Perusahaan Properti PT ZAP Diadili

Belakangan setelah uang muka distorkan, rumah tak kunjung dibangun. Sedangkan lokasi tanah yang ditunjuk berada di Jalan M Said juga bermasalah dengan pemiliknya lantaran belum dilunasi pembayarannya.

“Semua korbannya termakan omongan dan percaya karena dia seorang ustadz,” terang JPU Agus kepada Wartawan DETAKKaltim.Com usai persidangan. (ib)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password