Safari Ramadhan, Mustaqim MZ Bicara Anggaran PPU

Drs.H.Mustaqim MZ, MM, Wakil Bupati PPU. (foto:hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Mustaqim MZ, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, mengatakan sebagian besar Kabupaten/Kota di Indonesia saat ini tengah dihadapkan persoalan besar, yaitu penurunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara drastis. Tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten PPU saat ini.

“Dulu, dalam beberapa tahun yang lalu Kabupaten kita pernah memiliki APBD hingga Rp2 Triliun lebih. Kemudian beberapa tahun terakhir terus mengalami penurunan, dan saat ini APBD PPU hanya tersisah dalam kisaran Rp1 Triliun lebih,“ kata Mustaqim di sela-sela kegiatan safari Ramadhan yang dilaksanakan di Desa Api-Api belum lama ini.

Ia mengatakan, sementara dengan anggaran terbatas yang dimiliki oleh Pemkab PPU tersebut, berbagai pembangunan di lingkungan pemerintah dan masyarakat tetap harus terus berjalan, dan dilaksanakan.

“Bukan Pemerintah daerah tidak mau membangun atau melakukan penyelesaian tahapan-tahapan pembangunan yang belum terselesaikan. Namun saat ini pelaksanaan pembangunan daerah memang benar-benar  berjalan secara selektif sesuai dengan anggaran daerah yang dimiliki, untuk itu masyarakat harus bersabar dan mengetahui itu,“ sebut Mustaqim.

Lebih jauh dikatakannya, pelaksanaan pembangunan bangsa ini selalu saja dilaksanakan secara berkelanjutan tanpa adanya kata tuntas. Dapat dilihat ketika bangsa ini dipimpin oleh Presiden Sukarno saat itu, kemudian pembangunan dilanjutkan oleh Presiden Suharto, Presiden Habibie dan hingga kini bangsa ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, yang terus melanjutkan pembangunan bangsa ini tanpa adanya kata tuntas.

“Begitu juga daerah kita Kabupaten PPU ini. Sejak dimekarkan saat itu dipimpin oleh Bapak Yusran Aspar dan Mustaqim MZ, kemudian periode berikutnya PPU dipimpin oleh Bapak Andi Harahap dan Mustaqim MZ dan saat ini kembali dipimpin oleh Bapak Yusran Aspar dan Mustaqim MZ, selalu saja pelaksanaan pembangunan di daerah terus dilaksanakan secara berkelanjutan,“ ungkap Mustaqim.

Di sisi lain Mustaqim MZ juga mengatakan bahwa, kegiatan safari Ramadhan yang dilaksanakan Pemerintah daerah adalah semata-mata bertujuan untuk menjalin silaturrahmi, antara pemerintah daerah dengan seluruh masyarakat Kabupaten PPU. Dan tentunya dalam rangka peningkatan nilai-nilai ukhuwa Islamiyah di lingkungan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap jalinan silaturahmi baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat maupun sesama masyarakat, dapat terjalin dengan baik di lingkungan masyarakat khususnya Desa Api-Api ini,“ harap Mustaqim.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Ibu Wakil Bupati PPU, Yulia Makfirah, Wakil Ketua DPRD PPU, Syahruddin, Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar, Asisten I Bidang Pemerintahan, Suhardi, sejumlah Tokoh Agama dan rombongan Safari Ramadhan Pemda PPU. (Humas6/LVL)

.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password