Gaji Belum Dibayar, Ribuan Kubik Kayu Log PT GSA Ditahan Karyawan

Aksi damai karyawan PT GSA menahan ponton bermuatan kayu log. (foto:amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Bukan kali pertama puluhan karyawan PT Greaty Sukses Abadi (GSA) melakukan aksi damai, yaitu menahan ribuan meter kubik kayu Log milik PT GSA di Logpon Kelurahan Sepan, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (31/5/2017)

Walaupun sudah difasilitasi pihak Kepolisian dari Kapolpos Sotek, Bripka Supriadi, namun penyelesaian pembayaran gaji puluhan karyawan PT GSA sampai hari Rabu (31/5/2017) belum ada titik temu. Meski juga sudah dihadiri pemilik perusahaan Ayong Antoni, namun penyelesaian pembayaran puluhan karyawannya belum membuahkan hasil yang diharapkan.

“Aksi damai ini bermula dari keterlambatan pihak Manajemen PT GSA memenuhi kewajibannya membayar hak-hak puluhan karyawannya, berupa gaji dari bulan April hingga Mei,” sebut Alwi, koordinator aksi kepada Wartawan DETAKKaltim.Com di lokasi aksi.

Bukan itu saja, lanjut Alwi, kekurangan pembayaran gaji puluhan karyawan sebanyak 40 persen dari gaji pokok (basis ) selama dirumahkan, dari bulan September 2016 sampai  31 April 2017 belum juga diselesaikan.

“Itu hak kami sebagai karyawan belum dipenuhi oleh pihak manajemen  PT GSA,” imbuhnya.

Berita terkait : Setelah Didemo, PT GSA Akhirnya Bayar Gaji Karyawan

Selanjutnya, masih kata Alwi, iuran Jaminan Hari Tua (JHT) dan iuran BPJS kesehatan sejak tahun 2013 sampai saat ini belum dibayar oleh pihak PT GSA. Kasus ini terungkap saat karyawan berobat ke rumah sakit, pihak BPJS Kesehatan tidak mau membayar klaim yang diajukan karyawan. Pasalnya pihak perusahaan tidak pernah membayar, padahal puluhan gaji karyawan dipotong setiap bulannya.

Alwi kemudian menegaskan, selama hak- haknya sebagai karyawan belum diselesaikan oleh pihak perusahaan PT GSA, aksi menahan ribuan meter kubik kayu log milik PT GSA di logpon Kelurahan Sepan akan diteruskan. (amran)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password