Kodim 0902/Trd Gelar Upacara Hari Lahirnya Pancasila di Sekolah

. Dandim 0902/Trd Letkol Cpn Rony Nuswantoro Hadi,SE membacakan amanat Presiden RI Ir.H.Joko Widodo. (foto:Kodim 0902/Trd)

DETAKKaltim.Com, BERAU : Peringatan hari lahirnya yang Ke-72 Pancasila (1 Juni 1945-1 Juni 2017) diperingati jajaran Kodim 0902/Tanjung Redeb (Trd), Korem 091/ASN, Kodam VI/Mulawarman di 3 tempat yang berbeda.

Tepat Pukul 08:00 Wita, di lapangan upacara SMAN 4  Plus, Jln Bukit Berbunga Km 1, Kecamatan Sambaliung di mulai. Dandim 0902/Trd Letkol Cpn Rony Nuswantoro Hadi yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Priseden RI Ir H Joko Widodo yang menyampaikan bahwa, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 oleh Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Dandim 0902/Trd, Letkol Cpn Rony Nuswantoro Hadi,SE bersama sejumlah guru dan siswa SMAN 4 Plus usai upacara. (foto:Kodim 0902/Trd)

Selain itu juga disampikan bahwa saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam ke-Bhinnekaan dan ke-Ika-an.

“Kita perlu belajar dari pengalaman negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara,” sebut Dandim.

Karena itu, Presiden dalam amanatnya mengajak peran aktif para tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menjaga Pancasila, sebut Dandim lebih lanjut.

Di SMPN 14 Jln Ramania, Kecamatan Tanjung Redeb, di waktu yang hampir bersamaan, upacara peringatan hari lahirnya Pancasila dipimpin inspektur upacara Kapten Arm Joko Sulistianto, Danramil 0902-05/Sambaliung, dengan komandan upacara Ryan Ariandi yang diikuti kurang lebih 200 siswa berlangsung khidmat.

Persiapan upacara di SMPN 14. (foto:Kodim 0902/Trd)

Dalam amanatnya, ia menyampaikan untuk meneguhkan komitmen bersama agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan.

Karena itu, ia mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Usai pelaksanaan upacara di SD 04. (foto:Kodim 0902/Trd)

“Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI, anti Bhinneka Tunggal Ika,” tegas Danramil.

Di tempat lain, di SD 04 Jln Mangga 2, Kelurahan Gayam, Kecamatan Tanjung Redeb, juga digelar kegiatan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila.

Di tempa ini sekitar 150 murid beserta guru mengikuti upacara dengan khidmat yang dipimpin pembina upacara Serda Sem David Ullo, Babinsa Ramil 0902-05/Sbl.

Sama di kedua tempat lainnya, di tempat inipun inspektur upacara membacakan amanat Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Sementara jajaran Danramil dan Babinsa yang lain turut menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah yang berada di wilayahnya masing-masing.

Tema peringatan hari lahirnya Pancasila tahun ini adalah ‘Memperingati hari lahirnya Pancasila, TNI bagi-bagi Permen Pancasila Manis’ yang mengadung arti,  Persatuan Elemen Republik Mangamalkan Esensi Nilai Pancasila, Menjaga Arah Negara Indonesia Selamat.

Usai pelaksanaan upacara di setiap tempat tersebut, dilaksanakan pembagian Permen Pancasila Manis kepada peserta upacara sekaligus menjelaskan arti Permen Pancasila Manis. (LVL)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password