Tetesan Darah Giring Satgas Pamtas RI-Malaysia Ungkap Keberadaan Senjata

Nasir serahkan senjata kepada anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia. (foto:Penrem 091/ASN)

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long  (Awl) Kodam VI/Mulawarman kembali mengamankan satu pucuk Senjata rakitan jenis penabur di Desa Tabur Lestari, Kecamatan Nunukan, Kalimantan Utara, Jum’at (19/5/2017).

Dansatgas Yonif 611/Awl Letkol Inf Sigit Hengki Purwanto menerangkan bahwa, telah mengamankan senjata rakitan milik warga di desa tersebut. Berawal dari kecurigaan anggota Yonif 611/Awl yang bertugas di Pos Siemanggaris Lama.

Kronologis penemuan senjata berawal pada hari Rabu (17/5/2017), beberapa anggota Satgas berpapasan dengan seorang warga yang diketahui  bernama M Nasir (32).

Saat itu Nasir tengah membawa seekor babi yang telah mati.

“Anggota berpapasan dengan warga saat itu melihat ada tetesan darah. Lalu anggota mengejar warga tersebut dan menanyakan hal perihal tetesan darah tersebut. Dan memang warga itu membawa babi yang telah mati,” kata Dansatgas.

Saat ditanya tentang bagaimana cara mendapatkan babi tersebut, warga itu terlihat gugup saat hendak menjawab.

Nasirpun menjawab mendapatkannya dengan cara menjerat, yang telah dipasang di kebunnya hampir seminggu.

Ternyata jawaban itu tidak membuat anggota Satgas lantas pergi meninggalkan Nasir, malah langsung memeriksa babi tersebut.

Dan benar saja, ada yang janggal dari jawaban Nasir, pasalnya saat itu anggota melihat perut babi hancur.

“Anggota masih curiga, ada yang ditutupi oleh warga tersebut. Setelah mendapatkan identitas dan tempat tinggal warga tersebut. Anggota melaksanakan anjang sana ke rumah yang bersangkutan, berbicara dari hati ke hati, melakukan pendekatan,” tutur Dansatgas.

Setelah berbicara dengan berbagai cara pendekatan, akhirnya warga itu mau terbuka dan mengakui kalau babi itu hasil berburu dengan menggunakan senpi jenis penabur.

“Padahal awalnya warga itu masih bersikukuh babi itu didapat dengan cara menjerat”, tambah Dansatgas.

Akhirnya Nasir menyerahkan Senjata api milikinya ke anggota Satgas Yonif 611/Awl, yang bertugas di Pos Siemanggaris Lama.

Berita terkait : Patroli Patok Perbatasan RI – Malaysia, Warga Serahkan Senpi ke Satgas Pamtas

Dari data yang ada, hingga saat ini Satgas Yonif 611/Awl telah mengamankan 21 senjata api rakitan jenis penabur yang diserahkan secara sukarela oleh warga. (Penrem 091/ASN/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password