Diklaim Pertama di Kaltim, Pembangunan Pasar Hewan Penajam Dikebut

Kantor BUMDes Desa Giripura, Penajam. (foto:amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Pengerjaan Pasar Hewan yang pertama di Kaltim terus dikebut agar selesai tepat waktu, sebut Sudarno, Kepala Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur  kepada Wartawan DETAKKaltim.Com, Senin (15/5/2017).

“Sebelum bulan Ramadhan Pasar Hewan di Desa Giripurwa ini harus sudah selesai. Pasar Hewan yang pertama ini direncanakan diresmikan Yusran Aspar, Bupati Penajam,” beber Sudarno.

Bambang Harimurtono, Dirut BUMDes Anugerah PPU. (foto:Amran)

Di tempat terpisah, Bambang Harimurtono, Dirut BUMDes Anugerah Desa Giripurwa menyebutkan BUMDes Anugerah di Desa Giripurwa mempunyai beberapa unit. Yang pertama Perkebunan, kedua
Lembaga Perkreditan Desa (LPD)  dan unit Agen BNI yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Terakhir Pasar Hewan dengan fokus adalah Sapi.

“Setiap unit ada satu orang yang mengkoordinir dan bertanggung jawab, selanjutnya bertanggung jawab hasil pekerjaannya,” imbuh Bambang.

Lanjut Bambang, khusus Lembaga Perkreditan Desa sudah berkembang tumbuh sangat membanggakan. Sampai April tahun 2017 ini dananya sudah mencapai sebesar Rp715 Juta, ditambah dengan pengolahan kebun itu sudah mencapai hampir Rp900 Juta.

“Muda-mudahan ini akan terus bertambah,” harapnya.

Berita terkait : Bangun Pasar Hewan, Desa Giripurwa Kejar Pendapatan Asli Desa

Menurut Bambang, Pasar Hewan ini mempunyai potensi pasar yang sangat cerah, karena kebutuhan daging Sapi di PPU semakin hari terus  meningkat, terutama memasuki lebaran.

Kalau permintaan pasar 3 ekor/hari, lanjutnya, ini peluang dan menjadi target BUMDes Anugerah Desa Giripurwa yang harus diperhitungkan. Pasalnya ke depan menjadi salah satu pendapatan asli desa. (amran)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password