Bangun Pasar Hewan, Desa Giripurwa Kejar Pendapatan Asli Desa

Bambang Harimurtono Dirut BUMDes Anugerah PPU. (foto: Amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Meningkatkan pendapatan asli desa dengan terobosan membuat Pasar Hewan, mempunyai peluang pasar yang sangat cerah, sebut Bambang Harimurtomo, Dirut BUMDes Anugerah, Desa Giripurwa kepada Wartawan DETAKKaltim.Com, Selasa (10/5/2017) saat ditemui di kantornya.

Pasar Hewan tersebut, jelas Bambang, akan memprioritaskan sapi yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Anugerah, Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

“Untuk membangun pagar seluas kurang lebih satu hektar lengkap dengan Pasar Hewan ini, Kepala Desa Giripurwa mengalokasikan anggaran senilai Rp150 Juta, yang bersumber dari Alokasi Dana Desa tahun 2017 termasuk pembelian sapi,” bebernya.

Kebutuhan daging sapi di Penajam mempunyai prospek yang sangat cerah, lanjut Bambang, yaitu kurang lebIh 3 ekor per hari. Peluang ini harus dimamfaatkan.

“Yang paling penting di dunia usaha  adalah kita harus bisa melihat peluang dan permintaan pasar,” ujarnya.

Ke depannya, lanjut Bambang, dengan dibangunnya Pasar Hewan di Desa Giripurwa dan yang pertama di Penajam akan berdampak positif, khususnya bagi warga di Desa Giripurwa. Selain membuka peluang usaha  baru bagi pedagang dan tukang parkir di sekitarnya, ini akan membuka lapangan kerja baru di Desa ini.

BUMDes Anugerah sudah mempunyai 5 orang karyawan. Di tahun 2016 BUMDes ini berahasil membukukan laba bersih Rp75 Juta.

“Saya berharap Pasar Hewan ini ke depannya mampu meningkatkan pendapatan asli desa, dan memberikan lapangan kerja baru bagi warga kami,” tandasnya. (amran).

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password