Tutup TMMD Ke-98, Ini Harapan KASAD

Kasad Jenderal TNI Mulyono. (foto:MS77)

DETAKKaltim.Com, Kubar : Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD)  Jenderal TNI Mulyono langsung memimpin jalannya upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 tahun 2017 di Kampung Long Bagun Ulu, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, Kamis (4/5/2017).

Sebelum melangsungkan upacara, KASAD Mulyono yang tiba dengan menggunakan Pesawat Helikopter beserta rombongan antara lain Kapolda Kaltim Irjen Pol Syarifuddin diajak ke Lamin Adat Long Bagun untuk dilakukan prosesi adat.

Kedatangannyapun disambut masyarakat setempat dengan hangat. Sepanjang jalan KASAD Mulyono beserta rombongan menuju Lamin Adat diiringi dengan alunan musik adat Dayak Long Bagun. Selain itu juga disambut oleh anak-anak sekolah yang sudah menunggu sembari mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran kecil.

Usai menjalankan prosesi adat di Lamin, KASAD Mulyono beserta rombongan menuju ke lapangan terbuka tempat dilangsungkannya penutupan TMMD dengan disaksikan oleh masyarakat setempat.

KASAD Mulyono  mengungkapkan, program TMMD merupakan wujud kerja sama antara TNI, Polri dan rakyat yang membangun semangat kemanunggalan demi tujuan kesejahteraan, kegotong-royongan. Kemanunggalan TNI Polri bersama rakyat merupakan roh bangsa yang memperkuat negara.

“Saya sebagai penanggung jawab operasional kegiatan TMMD Ke-98, saya mengucapkan terima kasih kepada semuanya bahwa kegiatan TMMD sudah berjalan, dan hari ini ditutup secara Nasional di seluruh Indonesia secara serentak,“ ungkap KASAD Mulyono yang ditemui Wartawan DETAKKaltim.Com usai upacara.

KASAD lebih lanjut menjelaskan, program Kegiatan TMMD di tahun 2017 ini sudah yang Ke-98. Kegiatan tersebut akan terus dilangsungkan di berbagai daerah, adanya kegiata tersebut akan tercipta semangat gotong royong dari semua pihak.

“Ini adalah program yang senantiasa akan dilanjutkan, karena di sinilah akan tercipta dan terwujud semangat gotong royong dan semangat kemanunggalan TNI rakyat. Karena kita tahu sejarah kemanunggalan TNI sudah terbukti sejak dulu, jaman perjuangan dulu yang berjuang rakyat. TNI adalah anak rakyat, maka TNI akan senantiasa menjaga kemanunggalan rakyat dalam rangka mewujudkan ketahanan Nasional,” sebut KASAD Mulyono.

Ia berharap dengan adanya TMMD di berbagai daerah khusunya kawasan perbatasan Kampung Long Bagun, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TMMD bisa bermanfaat banyak bagi semua pihak, sebab membuka keterisolasian warga. Dan tentunya juga bisa menjaga dan merawatnya supaya bisa digunakan dalam jangka panjang.

“Harapan saya dengan TMMD ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang pada akhirnya jika masyarakat sudah sejahtera dan sebagainya, itu akan menjadi ketahanan individu dalam rangka menegakkan kesatuan Negara Republik Indonesia,“ tandas KASAD Mulyono. (MS77)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password