PPSDA Ukur Tanah Tidak Pungut Biaya

Sosialisasi PTSL. (foto;amran)

DETAKKaltim.Com, PPU : Posko Program Pendaftaran Sistem Lengkap (PTSL) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Kantor Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, didirikan di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam.

Edison, Kepala Badan Pertanahan dan Tata Ruang PPU menjelaskan, tujuan pendirian Posko tersebut adalah untuk mempermudah dan mempercepat warga di Kelurahan Sotek mengurus kelengkapan dokumen untuk mendapatkan sertifikat.

Untuk tahun 2017 ini, Badan Pertanahan PPU menargetkan dalam dua bulan 500 lahan warga harus mempunyai sertifikat.

Haryanto. (foto:amran)

“Paling tidak, sudah terdaftar di Badan Pertanahan Penajam Paser Utara,” sebutnya, Kamis (4/5/2017).

Dia melanjutkan, keinginan warga untuk mendaftarkan tanahnya kalau bisa semuanya jangan sampai bolong–bolong.

Untuk sementara ini kendala teknis di lapagan, menurut Edison, masih adanya sengketa tanah dan kelengkapan data untuk membuat sertifikat. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam mempercepat program PTSL.

“Untuk tahap awal pendaftaran tanah menjadi prioritas. Saya berharap warga masyarakat turut membantu dan mendukung program ini,” ungkap Edison.

Petugas Pertanahan dan Pengolahan Sumber Daya Alam (PPSDA) di Kelurahan Sotek, Haryanto, menyebutkan sampai hari ini sudah ada 260 dokumen peta bidang yang mengajukan untuk membuat sertifikat.

“Kendala teknis di lapangan masih banyaknya warga yang belum menyiapkan batas-batas berupa patok. Seharusnya sebelum BPN kabupaten turun ke lapangan, batas-batas tanah warga yang akan mengurus, kelengkapan dokumen sudah disiapkan,” sebutnya.

Haryanto berharap peran aktif masyarakat dalam rangka mempercepat program PTSL ini, karena pihaknya sudah melakukan sosialisasi sebanyak  tiga kali.

“Ini kesempakatan warga di Kelurahan Sotek untuk mengurus sertifikat, karena melalui program pendaftaran sistem lengkap tidak dipungut biaya pengukuran,” tandasnya. (amran) 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password