Peringatan HKG PKK dan BBGRM, Yusran : PKK Memang Luar Biasa

Yusran Aspar, Bupati PPU memukul gong menandai puncak peringatan HKG PKK-45 dan BBGRM Ke-14. (foto:hms)

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Yusran Aspar, Bupati Penajam Paser Utar (PPU) sangat mengapresiasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan PKK kabupaten/kota dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-45,  dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-14 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang dilaksanakan di Kabupaten PPU.

Hal itu disampaikannya dalam sambutannya pada puncak peringatan HKG PKK dan BBGRM. Ia  mengatakan, banyak kegiatan positif yang langsung bersentuhan dengan masyarakat telah dilaksanakan peserta dari seluruh kabupaten/kota dalam rangkaian kegiatan tersebut. Mulai penanaman pohon, lomba desain pakaian adat, paduan suara dan sebagainya.

“PKK memang luar biasa. Apalagi jika seluruh program-program yang dimiliki dapat  dilaksanakan dengan baik. Pastilah Bupati, Gubernur bahkan Presiden dapat tidur dengan nyenyak, “ kata Yusran yang disambut dengan tepuk tangan seluruh peserta, Kamis (27/4/2017).

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Kaltim Dr.Meiliana (kerudung hitam) (foto:hms)

Mengapa bisa demikian, kata dia, karena 10 Program PKK langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat. Seperti yang pertama adalah penghayatan dan pengamalan Pancasila. Bayangkan bila semua keluarga seperti itu, sebutnya, maka lingkungan masyarakat pasti akan menjadi aman dan nyaman,  karena semua orang menghayati dasar-dasar Pancasila.

Selanjutnya program kedua adalah gotong royong. Jika dilaksanakan dengan baik, pastilah tidak akan ada lagi kesulitan-kesulitan yang ditemui di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Karena semuanya telah dilakukan dengan cara saling tolong-menolong antar sesama. Begitu juga dengan program-program PKK yang lain.

“Tapi kenyataannya semua itu memang masih belum bisa dilaksanakan secara maksimal, karena disebabkan minimnya sarana dan prasarana penunjang untuk menuju ke sana, tapi PKK diharapkan juga dapat selalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang tugas-tugasnya itu, “ terang Yusran.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan Meiliana mengatakan, pelaksanaan HKG PKK Ke-45 dan BBGRM Ke-14 di Kabupaten PPU berjalan dengan baik dan sukses. Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, ada jalinan kerja sama dan kekompakan antar peserta dari seluruh kabupaten/kota di Kaltim

“Kita harapkan setelah terselenggaranya kegiatan ini, akan memberikan nilai positif bagi seluruh peserta dari kabupaten/ kota dan masyarakat di Kaltim pada umumnya,“ paparnya.

Wakil Ketua PKK Provinsi Kaltim Hj Sarminah membacakan sambutan tertulis Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Dokter Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, alasan perlunya akselerasi atau percepatan itu didasarkan pada kenyataan, bahwa selama ini PKK melaksanakan 10 Program Pokok PKK secara normatif, bahkan cenderung rutinitas.

Ketua TP-PKK Pusat menegaskan, rutinitas pada pelaksanaan 10 Program Pokok PKK harus dihilangkan agar kreativitas dalam program yang dilaksanakan dapat berkembang.

“Perkembangan program pemerintah dan masyarakat berkembang pesat dan bervariasi saat ini. Saya harap kita tidak terbelenggu pada rutinitas program. Saya mendorong setiap daerah agar senantiasa berinovasi mengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah,” paparnya.

Berita terkait : Bupati PPU Tidak Pernah Membayangkan

Beberapa kementerian dan lembaga, lanjutnya, yang telah bekerja sama dengan TP-PKK di berbagai bidang. Hal itu merupakan bagian dari percepatan pelaksanaan program di PKK.

“TP-PKK telah mengadakan kerja sama yang dipayungi dalam naskah kesepakatan bersama atau MoU. Seperti MoU dengan Kementerian Pertanian, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” tandas Sarminah. (Humas6/LVL)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password