Tentara Penjaga Perbatasan Indonesia-Malaysia Donorkan Darah

Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia donorkan darah. (foto:Penrem 091/ASN)

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Puluhan prajurit Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia  Yonif 611/Awang Long melaksanakan bhakti sosial donor darah, dalam rangka Indonesia Berdonor LPP RRI Nunukan di Jln Baru Hasanuddin, Kelurahan Selisun, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara, Rabu (8/3/2017).

Kegiatan ini bertema “Pola Hidup Sehat akan Menghasilkan kualitas darah dan jiwa yang sehat”. Bhakti sosial donor darah ini diselenggarakan oleh RRI Nunukan bekerja sama dengan PMI Nunukan.

Dansatgas Pamtas Yonif 611/Awl Mayor Inf Sigid Hengki Purwanto S Sos menyampaikan bahwa, kegiatan donor darah ini  selain dalam rangka untuk mendukung kekurangan stok darah PMI Kabupaten Nunukan, juga salah satu bentuk kepedulian serta sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan darah. Darah tersebut akan disalurkan melalui PMI, karena TNI itu tidak hanya melakukan upaya bela Negara saja, namun pendekatan diri kepada masyarakat melalui kegiatan sosial juga sangat diperlukan.

“Mudah mudahan kegiatan donor darah yang dilakukan ini bisa memotivasi masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut yang serupa, dan juga dapat menggugah rasa kemanusiaan masyarakat untuk peduli terhadap sesama, serta dapat membantu saudara kita yang membutuhkannya,” katanya.

Petugas Kesehatan dari  PMI Kabupaten Nunukan menjelaskan bahwa, donor darah ini sangat baik dan bermanfaat bukan hanya bagi penerima donor darah saja, tetapi bagi pendonor juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama jika mendonorkan darah secara rutin dan berkala, karena darahnya akan berganti dengan darah yang baru.

Sebelum diambil darahnya, tim medis mengecek tekanan darah dan ditensi terlebih dahulu guna mengetahui kondisi pendonor.

Kegiatan bhakti sosial ini mengumpulkan 30 kantong darah yang semuanya memenuhi syarat. Pendonor juga wajib mengisi kuisioner riwayat kesehatan, melaksanakan tensi, cek darah terlebih dahulu untuk mendapatkan darah yang sehat. (Penrem 091/ASN/LVL).

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password