Ground Breaking Pembangunan Pabrik Pulp and Paper di KIB

Drs.H.Yusran Aspar. (foto;1st)

   *** Yusran: Tampung 20 Ribu Tenaga Kerja

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : PT Agra Bareksa Indonesia (ABI) yang akan membangun pabrik Pulp And Paper diwilayah Kawasan Industeri Buluminung (KIB) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bakal segera terwujud.

Satu di antara anak perusahaan Djarum Group yang membutuhkan tenaga kerja lebih dari 20 ribu tenaga kerja ini hari ini dijadwalkan melakukan Ground Breaking (peletakan batu pertama) oleh Bupati PPU, Yusran Aspar di Buluminung.

Rencana inipun dibenarkan Yusran Aspar saat dikonfirmasi hal tersebut. Ia mengatakan yakin dan dipastikan pembangunan pabrik Pulp And Paper di Kabupaten PPU ini akan membawa kemajuan yang besar bagi daerah.

“Saya ingat betul ketika berkunjung ke Desa Palalawan Riau Sumatera. Di sana ada sebuah desa yang dibangun sebuah perusahaan Pulp and Paper yang sama seperti PPU wilayahnya. Kemudian dampaknya begitu besar bagi daerah itu jelas terlihat. Dalam beberapa tahun berikutnya, desa tersebut mampu menjadi sebuah kabupaten, begitu besar dampak positif yang ada,“ kata Yusran Aspar, Minggu, (5/3/2017).

Yusran Aspar memperkirakan dampak positifnya pasti akan dirasakan daerah PPU di masa mendatang.

“Perusahaan ini akan membutuhkan tenaga kerja yang sangat besar yaitu mencapai 20 ribu tenaga kerja. Untuk memenuhi itu tentunya kita juga prioritaskan putra-putra  daerah di dalamnya sesuai keahlian mereka yang dimiliki,“ tambahnya.

Yusran menyambut baik atas keinginan PT ABI untuk membangun pabrik pulp di KIB tersebut. Karena selain membangun pabrik juga akan membangun rel Kereta Api dengan nilai investasi mencapai Rp2 Triliun.

“Kapasitas produksi diperkirakan mencapai Rp1 Juta ton/tahun. Ini merupakan produksi yang sangat besar sekali,” katanya.

Rencananya PT ABI akan menyiapkan dana sekitar Rp2 triliun untuk membangun pabrik pulp di KIB, Kecamatan Penajam. Selain itu, juga akan membangun transportasi Kereta Api sebagai angkutan penyuplai bahan baku dari hutan tanaman industri (HTI) menuju pabrik tersebut.

Untuk mengoperasikan perusahaan pulp ini, PT ABI rencananya akan bekerja sama PT Fajar Surya Swadaya (FSS), anak perusahaan Djarum Group yang akan memasok bahan baku kertas.

Perusahaan ini memiliki areal 66.659 hekatar dan telah terdata menjadi anggota Asosiasi Perusahaan Hutan Indonesia (APHI) Kaltim. (Humas6/LVL)

 

 

1 Comment

  • ondrasi zebua Reply

    May 18, 2017 at 09:27

    saya berkeinginan bargabung di perusahaan ini di bagian racausticizing&limekiln sesuai dengan keahlian saya

     

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password