Siswa TK Kartika V-11 Air Putih Kunjungi Damkar, Siswa : Om Semprot Apinya Om

siswa Taman Kanak-kanak Kartika V-11 Air Putih bergembira mendapat kesempatan mengunjungi Damkar. (foto:Penrem 091/ASN)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sejak usia dini anak-anak perlu dikenalkan dengan berbagai profesi yang berhubungan dengan tugas-tugas sosial, kemanusiaan dan pelayanan publik. Harapannya, dalam diri anak-anak akan tumbuh penghargaan terhadap profesi-profesi mulia tersebut. Pada akhirnya kelak di kemudian hari mereka akan berlaku kooperatif dan suportif, apabila bersinggungan dengan setiap pelaksanaan tugas yang terkait dengan profesi tersebut.

Berangkat dari hal itu, suasana markas pemadam kebakaran (Damkar) yang berada di Samarinda Utara Jln PM Noor mendadak riuh pada Senin (20/2/2017) pagi. Saat mendapat kunjungan dari siswa Taman Kanak-kanak Kartika V-11 Air Putih.

Tidak hanya mendapat sambutan ramah dari para petugas Damkar, anak-anak juga berkesempatan menonton demonstrasi dan pengenalan alat-alat yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran seperti helm, nozzle, smash, tabung pemadam api kecil, selang, sepatu boot anti api dan baju anti api.

Dengan gembira anak-anak mencoba untuk memegang dan menggunakan alat-alat tersebut, dengan bantuan petugas. Dari semua alat yang diperagakan, yang paling menarik perhatian anak-anak adalah mobil pemadam kebakaran itu sendiri yang dirancang unik karena memiliki sirine, pintu khusus petugas, tangga tempel, pompa dan penampung air, keran-keran penyemprot, dan tombol-tombol khusus yang tidak dimiliki oleh mobil lain.

“Semprot apinya om, semprot,” teriak para siswa saat petugas Damkar melakukan simulasi pemadaman. Mendengar teriakan itu, petugas pun makin bersemangat menularkan ilmu.

“Ayo, siapa yang berani mencoba menyemprot, pegang selangnya ya…,” kata petugas kepada siswa. Mendapat tawaran itu, siswa langsung saling berebut untuk menjajal menjadi petugas Damkar. (Perem 091/ASN/LVL).

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password